Operasi Katarak Gratis Rudi Center, Calon Peserta Dari Beltim Ikut Screening Mata

Operasi Katarak Gratis Rudi Center, Calon Peserta Dari Beltim Ikut Screening Mata

Calon peserta Operasi Katarak Gratis Rudi Center dari Kabupaten Beltim mengikuti screening mata guna memastikan kondisi mata dan kelayakan kesehatan-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO,ID MANGGAR - Setelah sempat terhenti selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, Operasi Katarak Gratis yang dilakukan Rudi Center kembali dapat terlaksana di tahun 2022.

Sebelum di operasi, calon peserta dari Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mengikuti screening mata guna memastikan kondisi mata dan kelayakan kesehatan.

Kali ini, screening mata dilakukan di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Beltim. Total ada sebanyak 150 peserta dari seluruh Kecamatan dilakukan screening, Sabtu (30/7) pagi.

BACA JUGA:KPU Beltim Sosialisasi Peraturan Nomor 4 Tahun 2022, Pengenalan SIPOL

Ketua DPC PDI Perjuangan Beltim Fezzi Uktolseja mengatakan, screening melibatkan tenaga medis dengan pemeriksaan tensi, gulah darah serta pemeriksaan mata pasien.

Untuk tahun ini kegiatan Operasi Katarak Gratis Rudi Center dilaksanakan selama 3 hari, mulai 1 hingga 3 Agustus 2022 di RSUD dr H Marsidi Judono Tanjungpandan Belitung.

“Ini merupakan tahapan awal, karena kita kegiatannya di Tanjungpandan Belitung sehingga kita lakukan screening dulu. Sehingga hari ini menentukan apakah peserta yang terdaftar ini memang katarak dan memenuhi syarat untuk dilakukan operasi,” terang 

BACA JUGA:Safety Riding Education Sasar SMKN 1 Kelapa Kampit, Kemanapun Perginya Tetap Cari_Aman

Sebelum dilakukan operasi kata  pria muda yang menjabat sebagai ketua DPRD Beltim ini, harus dipastikan apa betul katarak, terus tekanan darah dan gula darah harus normal.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang setiap tahun dilakukan oleh Rudi Center, kecuali saat pandemi sedang marak tahun kemarin kita sempat istirahat,” ujar Fezzi.

“Hari ini pendaftar sebanyak 150 orang, ada juga yang langsung datang. Semua agenda operasi ditanggung, mulai dari transportasi, makan, di Tanjung kami fasilitasi penginapan dan makan yang juga ditanggung oleh Rudi Center,” imbuhnya.

BACA JUGA:Video Perundungan Pelajar SMP Viral, Dicaci Maki dan Ditampar, Begini Tanggapan Dindikbud Belitung

Jika hasil screening memenuhi syarat, calon peserta operasi katarak akan diberangkatkan bersama-sama ke RSUD dr H Mersidi Judono Belitung pada hari Senin (1/8).

Selain itu, setiap peserta Operasi Katarak Gratis juga diberikan bantuan beras oleh Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Beltim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: