BKPSDM Beltim Sudah Tindaklanjuti Permintaan Pengecekan Mandiri NIK ASN

BKPSDM Beltim Sudah Tindaklanjuti Permintaan Pengecekan Mandiri NIK ASN

Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Beltim, Hendri Yani --

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah menindaklanjuti permintaan pengecekan mandiri NIK ASN melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Hal itu disampaikan Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Beltim, Hendri Yani saat ditemui Belitong Ekspres, Rabu (31/8) kemarin.

"Sekarang kan begini, penyelenggara pemilu baik itu KPU maupun Bawaslu sudah menyampaikan tentang pengecekan mandiri. Melalui koordinasi kita dengan KPU maupun Bawaslu kita juga sudah menindaklanjuti hal ini," ujar Hendri Yani.

Tindak lanjut dimaksud adalah dengan melaksanakan rapat teknis bersama OPD melalui Kasubag Umum dan Pepegawaian agar melaksanakan pendataan terhadap mereka yang namanya ada dalam daftar keanggotaan parpol melaui aplikasi Sipol

BACA JUGA:Anaura Marfirsta Wakili Babel, Siswi SMAN 1 Manggar Lolos Seleksi Parlemen Remaja 2022

BACA JUGA:Rayakan Hari Ulang Tahun ke-42, SMAN 1 Manggar Bernostalgia

"Terhadap hal tersebut, seluruh OPD sudah melakukan itu dan memang ada beberapa laporan yang disampaikan kepada Bupati dan ditembuskan ke BKPSDM, baik itu PNS maupun tenaga kontrak kegiatan yang ada namanya didalam parpol tersebut. Ada beberapa orang," jelas Hendri.

Menurut Hendri, sebetulnya pegawai dapat menyampaikan pengaduan ini kepada penyelenggara pemilu, KPU dan Bawaslu agar dapat segera ditindaklanjuti terutama ketika nanti secara teknis parpol verifikasi. 

"Kami berharap penyampaian laporan ini dapat ditindaklanjuti oleh penyelenggara. Sebab nanti kaitannya, seandainya PNS jelas dalam ketentuan perundang-undangan tidak boleh berpolitik. Bahkan terakhir sudah ada MoU," harapnya

"Pemda dengan Bawaslu untuk netralitas PNS. Ini juga sebenarnya, nama yang dicatut akan merugikan PNS tersebut. Kita berharap segera ditindaklanjuti," imbuhnya.

BACA JUGA:Setelah Beltim, Alfamart kini Hadir di Belitung, Grand Opening di Badau dan Membalong

BACA JUGA:Bupati Belitung Resmikan Pabrik PT Mitra Propindo Lestari, Olah Sampah Jadi Seng Hingga Pipa PVC

Ia menambahkan, perlakuan yang sama juga berlaku bagi P3K. Bahkan sebelum dibukanya seleksi P3K yang dijadwalkan akan berlangsung tahun ini. Dengan memastikan peserta seleksi P3K tidak termasuk dalam Sipol maka akan memudahkan bagi mereka pada saat pendaftaran nanti.

"Mudah-mudahan nanti ada klarifikasi dari parpolnya betul bahwa yang bersangkutan bukan anggota parpol dan ada semacam surat keterangan. Yang khawatirnya penyelengara menemukan ada peserta seleksi P3K dan akan merugikan kawan-kawan," ulasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: