Istimewa, Dua Siswa SMAN 1 Manggar Ikuti Peringatan Hari Pahlawan 2022 di TMPN Kalibata

Istimewa, Dua Siswa SMAN 1 Manggar Ikuti Peringatan Hari Pahlawan 2022 di TMPN Kalibata

Dua siswa SMAN 1 Manggar, Gabriele Claresta Zou dan Abi Fadilah Ramadhan bersama Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini-Ist-

BACA JUGA: Ekspansi Aksi Literasi SMAN 1 Manggar Meluas, Berbagi Praktik Baik di SMAN 5 Yogyakarta

“Rasanya saya sangat bersyukur ditahun ini dapat menjadi wakil Bangka Belitung dalam upacara peringatan hari Pahlawan 2022. Kegiatan ini benar-benar memberikan saya pemahaman  yang lebih baik mengenai nilai-nilai kepahlawanan," ujarnya.

Saat ditanya mengenai harapan keduanya, baik Gaby maupun Abi berharap hari Pahlawan Nasional merupakan momentum untuk mendalami dan mengaktualisasikan nilai-nilai kepahlawanan. 

“Harapan kami kedepannya adalah agar generasi muda dapat memaknai Hari Pahlawan yang bukan hanya tentang upacara ceremonial saja. Namun menjadi momentum dimana generasi muda dapat kembali merenungkan dan kemudian meneladani nilai-nilai luhur para pahlawan dengan prestasi-prestasi dan rasa nasionalisme yang tinggi," harapnya.

Pendamping Gaby dan Abi, Triwarti juga mengaku sangat bangga dapat menghadiri langsung peringatan Hari Pahlawan 2022. 

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Ekspansi Aksi Literasi Digital di Desa Budaya Lalang

“Sebuah kebanggaan & rasa syukur tak terhingga kepada Allah SWT bisa menghadiri upacara hari pahlawan nasional tahun 2022 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta Selatan. Kegiatan ini adalah suatu pengalaman berharga bagi siswa kami dan saya pribadi yang tidak semua orang dapat dapatkan," ungkap Triwarti. 

“Kemudian tema Hari Pahlawan tahun ini adalah “Pahlawanku Teladanku” mengingatkan kami semua akan nilai semangat para pejuang. Semangat ini dapat menjadi contoh & tauladan bagi kami sebagai insan pendidikan yang bersenjatakan ilmu & pengetahuan untuk menyelamatkan bangsa dari ketidaktahuan," sambungnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin mengatakan, tahun ini adalah tahun yang istimewa bagi SMAN 1 Manggar. Sebab mereka dapat memperingatinya di tiga tempat berbeda yaitu sekolah, kantor Bupati Beltim, dan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. 

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Perdamaian, Hadirkan Dosen UPI Bandung

Untuk peringatan di Taman Makan Pahlawan Nasional Kalibata sendiri, SMAN 1 Manggar diwakili oleh dua orang siswa berprestasi yaitu Abi Fadilah Ramadhan dan Gabriele Claresta Zou. 

"Terimakasih sebesarnya kepada Dinas Pendidikan Provinsi Babel yang telah mempercayakan siswa kami menjadi wakil provinsi dalam kegiatan tersebut. Semoga nilai-nilai kepahlawanan dapat terus kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi semangat dalam mengisi kemerdekaan," ucap Sabarudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar