Bawaslu Beltim Gandeng Dukun Kampong, Hadapi Pemilu 2024

Bawaslu Beltim Gandeng Dukun Kampong, Hadapi Pemilu 2024

Kegiatan Jelajah Pengawasan Pemilu Partisipatif 2024 gandeng Dukun Kampong yang dilaksanakan di Geosite Tebat Rasau Kecamatan Simpang Renggiang-Ist-

"Lembaga adat diharapkan dapat menjalankan perannya sebagai kontrol sosial untuk dapat menjaga keamanan, ketentraman, kerukunan dan ketertiban di lingkungan kehidupan masyarakat," kata dia.

Dalam kaitan dengan Pemilu, Zulfiandi menghimbau agar lembaga adat dapat berkontribusi sesuai perannya masing-masing dengan mengedepankan keharmonisan dalam penyelesaian masalah sehingga tidak muncul keributan. 

Narasumber lainnya, Syamsuri Wakil Ketua Lembaga Kedukunan Adat Belitung Timur menegaskan semua lembaga dan masyarakat memiliki peran penting. Sehingga sudah semestinya saling mendukung satu sama lain agar terciptanya pemilu yang damai.

BACA JUGA:Pastikan Kesiapan Panwascam, Bawaslu Beltim Gelar Fasilitasi Penanganan Pelanggaran Pemilu

Pelaksanaan kegiatan Jelajah Pengawasan Pemilu Partisipatif kali ini adalah rangkaian kegiatan pengembangan pengawasan partisipatif.

Adapun kegitan ini dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan didukung oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Kali ini Jelajah Pengawasan Pemilu Partisipatif mengangkat tema Peran Pemuka Adat Dalam Meningkatkan Pelibatan Masyarakat Pada Pengawasan Pemilu Partisipatif dilaksanakan di Kabupaten Beltim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: