Bupati Beltim Serahkan Bantuan Perahu dan Alat Tangkap Kepada Nelayan

Bupati Beltim Serahkan Bantuan Perahu dan Alat Tangkap Kepada Nelayan

Bupati Beltim, Burhanudin menyerahkan bantuan mesin kapal perikanan secara simbolis di Pantai Burung Mandi, Kecamatan Damar, Selasa (13/12)-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, DAMAR - Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin menyerahkan bantuan perahu dan alat tangkap kepada kelompok nelayan, pengolah dan pemasar hasil perikanan.

Bantuan perahu dan alat tangkap tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Beltim Tahun 2022.

Didampingi Wakil Bupati (Wabup) Beltim, Khairil Anwar, bantuan perahu dan alat tangkap diserahkan di Pantai Burung Mandi, Kecamatan Damar, Selasa (13/12) kemarin.

Burhanudin berpesan kepada seluruh nelayan yang menerima bantuan perahu dan alat tangkap dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim, untuk bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

BACA JUGA:Diskominfo Belitung Timur Targetkan Indeks SPBE 2023 Meningkat

Bagi nelayan yang belum menerima bantuan tersebut, Burhanudin berjanji akan terus berusaha berkoordinasi dengan pemerintah pusat, sehingga seluruh nelayan di Beltim bisa terakomodir.

“Kepada para nelayan, manfaatkanlah (bantuan yang diberikan) ini dengan sebaik-baiknya, dan mungkin dak semue (Red - tidak semua) kebutuhan nelayan dapat kamek (kami) penuhi saat ini,” kata Burhanudin dilansir dari rilis Diskominfo Beltim.

“Tapi secare betahap kamek juak berkomitmen dan berusahe memenuhi kebutuhan nelayan, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah serta secare konsisten berkoordinasi kepada pemerintah pusat mengenai bantuan untuk nelayan di Kabupaten Belitung Timur,” sambungnya.

Adapun bantuan yang diberikan berupa perahu nelayan, alat penangkap ikan, alat bantu penangkap ikan, mesin kapal perikanan, perbaikan sarana produksi (bangunan) dan peralatan produksi.

BACA JUGA:PT Metito Indonesia Berencana untuk Investasi di Beltim, Rp 150 miliar untuk Tahap Awal

“Kepada para nelayan yang mendapatkan bantuan, tolong dimanfaatkan dengan sebaik-baiknye untuk meningkatkan ekonomi para nelayan,” ujar Bupati Beltim yang akrab disapa Aan.

Pada bantuan alat bantu penangkap ikan yang diberiakan, terdapat life jacket (rompi keselamatan) yang turut dibagikan kepada para kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan. 

Aan sangat menghimbau kepada para nelayan agar selalu mengenakan life jacket selama bekerja. Itu demi menjaga keselamatan selama mencari nafkah di laut.

Selain itu, ia juga menyampaikan kepada para nelayan, bahwa bantuan BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya diberikan secara periodik terus dilakukan pengecekan dan evaluasi. Sehingga para nelayan tetap mendapatkan asurasi keselamatan selama bekerja dan mencari nafkah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim