Pemkab Beltim Berikan Hibah Rp 4,1 miliar, KONI dan Dispora Berbagi Anggaran Porprov

Pemkab Beltim Berikan Hibah Rp 4,1 miliar, KONI dan Dispora Berbagi Anggaran Porprov

Ketua KONI beltim Kamarudin saat menyampaikan sambutan pada Pembukaan Rakerkab KONI Beltim di Hotel Guest Manggar, Kamis (15/12)-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim) memberikan hibah sebesar Rp 4,1 miliar untuk KONI dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) tahun 2023 mendatang. 

Hampir seluruh anggaran hibah tersebut akan dialokasikan untuk persiapan dan kuikutsertaan Kabupaten Beltim pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI  Bangka Belitung (Babel) di Bangka Barat Agustus 2023 mendatang.

Besaran hibah turun jika dibanding tahun 2022, yakni sebesar Rp5,1 miliar. Apalagi 2023 mendatang ada kegiatan Porprov yang harus menggunakan anggaran yang cukup besar.    

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Beltim Ikhwan Fachrozi mengatakan turunnya jumlah anggaran hibah ke KONI Beltim lantaran transfer APBD yang masih rendah. 

Namun untuk mendorong kelancaran pengiriman kontingen Porprov ke Bangka Barat, Pemkab Beltim menyiasati dengan menggunakan anggaran di Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Beltim.

BACA JUGA:Arya Sinulingga Resmikan Rumah BUMN Belitung, Wadah Pemasaran Produk UMKM

“Untuk tambahan Porprov itu, dananya akan dikelola oleh Dispora. Jadi kita titipkan di OPD yang mengampunya,” kata Ikhwan seusai membuka Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) KONI Beltim Tahun Anggaran 2022 di Hotel Guest Manggar, Kamis (15/12).

Ikhwan yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Beltim ini mengungkapkan anggaran tambahan yang dititipkan di Dispora mencapai Rp3,2 milyar. 

Dari anggaran tersebut, rencananya Rp2.212.750.000 akan diperuntukkan bagi Porprov, sedangkan Rp1.491.600.000 untuk Pembinaan Pelatih dan Atlet Unggulan Kabupaten.

“Jadi untuk mendukung peningkatan kemampuan atlet dan Porprov itu kurang lebih kita anggarkan Rp7,3 miliar. Baik yang melalui Hibah KONI maupun di Dispora,” ungkap Ikhwan.

BACA JUGA:DKUKMPTK Belitung Catat Omset Bazar WOA 2022 Capai Rp 128 Juta

Terkait bonus untuk atlet yang meraih medali pada Porprov mendatang, Ikhwan menyatakan belum bisa menyebutkan besaran jumlahnya. Mengingat ada rencana Pemkab Beltim akan memanfaatkan Program CSR (Corporate Social Responsibily) dari pihak ke tiga.

 “Untuk bonus, tergantung kemampuan keuangan daerah. Kita rencananya akan mengetuk pihak ke tiga, karena bagaimana pun juga atlet yang berprestasi sudah mengharumkan nama daerah,” ujar Ikhwan.

BACA JUGA:Pengurus Cabor Beltim Ikuti Bimtek Organisasi Olahraga, KONI Gelontorkan Rp 8 Juta untuk Sarpras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim