Pemberian Nama Gedung Harsono Hasan, Bentuk Apresiasi Tokoh Pendidik di Kelapa Kampit

Pemberian Nama Gedung Harsono Hasan, Bentuk Apresiasi Tokoh Pendidik di Kelapa Kampit

Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin menandatangani prasasti peresmian Gedung Serbaguna Kecamatan Kelapa Kampit bernama Gedung Harsono Hasan-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, KELAPA KAMPIT - Gedung Serbaguna KELAPA KAMPIT, yang saat ini bernama Gedung Harsono Hasan diresmikan Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin.

Peresmian Gedung Serbaguna Harsono Hasan merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim terhadap tokoh pendidik di Kecamatan Kampit.

Pemberian nama Gedung Serbaguna Kelapa Kampit atas kontribusi dan kiprah Harsono Hasan sebagai salah satu tokoh masyarakat juga pendidik di Pulau Belitung.

Harsono Hasan adalah sosok tokoh pendidik yang pernah menjabat sebagai Lurah Senyubuk (1972) dan Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) (1987 – 1992).

“Terima kasih kepada para ahli waris yang telah berkenan memberikan izin menggunakan nama beliau (Harsono Hasan),” ungkap Burhanudin di dalam sambutannya di Gedung Harsono Hasan, dilansir Belitong Ekspres dari rilis Prokom Setda Beltim, kemarin.

Bukan tanpa alasan, pemberian nama Harsono Hasan merupakan bentuk penghargaan Pemkab atas kiprah dan dedikasi tokoh asal Kelapa Kampit terhadap daerahnya. 

“Kita mencoba untuk menyesuaikan dengan kearifan lokal. Kita hargai orang-orang yang telah berjuang untuk daerah kita sendiri,” Bupati Burhanudin yang akrab disapa Aan.

Harsono Hasan lahir pada 18 Agustus 1933. Ia mengawali karirnya sebagai seorang guru di Sekolah Rakyat (SR) Nomor 3 Kelapa Kampit. Ia kemudian bertugas sebagai Kepala Sekolah di SDN 5 Kampit (1985). 

Pada tahun 1972 – 1985, Harsono Hasan menjadi Lurah Senyubuk dan dua periode menjadi anggota DPRD, di mana di periode kedua ia didapuk sebagai Ketua DPRD Kabupaten Belitung (1987 – 1992).

Burhanudin berharap Gedung Harsono Hasan ini dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat Kelapa Kampit dan sekitarnya. Seperti penggunaan untuk pertemuan rapat, sebagai sarana gedung olahraga, kegiatan kesenian dan kegiatan umum lainnya.

“Saya juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Belitung Timur, khususnya masyarakat Kecamatan Kelapa Kampit untuk dapat dipelihara dan dimanfaatkan (Gedung Harsono Hasan) dengan sebaik-baiknya,” himbaunya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: prokom setda beltim