Berkah Hujan, Kasus Kebakaran Hutan di Belitung 2022 Turun Hingga 50 Persen

Berkah Hujan, Kasus Kebakaran Hutan di Belitung 2022 Turun Hingga 50 Persen

Tim Damkar BPBD Kabupaten Belitung saat memadamkan kios yang terbakar, beberapa waktu lalu.-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Kasus kebakaran hutan di Kabupaten Belitung mengalami penurunan drastis, pada tahun 2022. Bahkan penurunan hingga 50 persen dibandingkan tahun 2021 lalu.

"Benar tahun ini kasus kebakaran hutan terjadi penurunan hingga 50 persen," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Agus Supriadi kepada Belitong Ekspres.

Agus Supriadi menjelaskan, pada tahun 2021 terdapat sebanyak 18 kebakaran hutan dan 12 kasus kebakaran bangunan di Kabupaten Belitung.

Sedangkan di tahun 2022, hanya terdapat 6 kasus kebakaran hutan di Belitung, serta 8 kebakaran bangunan seperti rumah maupun kios.

BACA JUGA:Ada yang Mau? Masyarakat Bisa Mendapat BBM Gratis Setahun Penuh, Ini Syaratnya

BACA JUGA:Dua Rumah Warga Sijuk Mendapat Bantuan WC Dari Baznas Belitung

"Selain itu juga ada beberapa kebakaran lainnya yakni dua kendaraan terbakar dan ada satu kabel listrik yang terbakar," jelasnya.

Menurut Agus, menurunnya angka kebakaran hutan di Belitung disebabkan oleh faktor cuaca. Sebab, selama tahun 2022 Negeri Laskar Pelangi sering diguyur hujan.

Namun untuk kebakaran bangunan dan lainnya, disebabkan oleh prilaku dan pola hidup masyarakat. Khususnya yang tinggal di pemukiman.

"Untuk menekan angka kebakaran di Belitung tidak naik pada tahun 2023, sejumlah strategi akan dilakukan. Khususnya memberikan edukasi kepada masyarakat," ungkapnya.

BACA JUGA:Lowongan Masih Dibuka, KPU Beltim Perpanjang Pendaftaran Seleksi PPS 2024

BACA JUGA:DLH Belitung Maksimakan Petugas, Bersihkan Sampah Malam Pergantian Tahun Baru

"Jika ada informasi kebakaran, masyarakat harus cepat menginformasikan. Sehingga, kami dapat respon cepat terhadap kejadian," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: