Horee.. Calon Jemaah Lansia Bisa Berangkat Haji Tahun 2023, Pembatasan Usia Dihapuskan

Horee.. Calon Jemaah Lansia Bisa Berangkat Haji Tahun 2023, Pembatasan Usia Dihapuskan

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Belitung, Suyanto--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Kabar gembira bagi calon jemaah lansia Indonesia yang ingin berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2023.

Sesuai kesepakatan Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi, tahun 2023 ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji lansia. Alias sudah dihapus.

Pada musim haji 2022 lalu Pemerintah Arab Saudi memang menerapkan syarat usia di bawah 65 tahun. Kini syarat pembatasan usia dihapuskan. Maka, jemaah lansia tetap bisa menunaikan ibadah haji pada 2023 ini.

"Jadi tidak ada pembatasan usia lagi, siapa yang daftar dulu, dia yang berangkat, bisa umur 80 an dan ini titik terang bagi jemaah haji lansia," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Belitung, Suyanto kepada Belitong Ekspres, Selasa (10/1/2023).

BACA JUGA:Tersangka Tipikor Masjid Asrama Haji Babel Mulai 'Bernyanyi', Tak Ingin Sendiri

BACA JUGA:Kabar Baik, Tahun Ini Penerima Bansos Boleh Ikuti Program Kartu Prakerja, Cek di Sini Cara Daftarnya

Menurut Suyanto, jemaah calon haji tahun 2020 yang ditunda keberangkatan karena ada pembatasan usia 65 tahun ke bawah. Tapi di tahun ini diprioritaskan untuk pemberangkatan. 

Sebab, ada hampir 100 calon jemaah hari dari Kabupati Belitung yang saat itu tertunda karena kendala syarat usia dan pengurangan porsi keberangkatan.

"Makanya jemaah tahun ini dari yang ditunda dan tambahan. Kami berharap dari kuota normal ini ada tambahan untuk kuota lansia segi bisa mengurangi daftar tunggu," bebernya.

Ia menerangkan, estimasi jemaah calon haji yang berangkat tahun ini berjumlah 109 orang. Dari jumlah tersebut, dua jemaah yang tercantum meninggal dunia sehingga pihaknya masih menunggu pelimpahan nomor porsi pengganti.

BACA JUGA:Ini Tips Amankan ‘Mobile Banking’ Ketika Ponsel Hilang

BACA JUGA:Berkembang Pesat, Jumlah UMKM Kabupaten Beltim Meningkat Drastis di Tahun 2022

"Ahli waris jemaah calon haji 2023 yang meninggal dapat melakukan pelimpahan nomor porsi atau melakukan pembatalan keberangkatan haji," sebut Suyanto.

Sebagai persiapan keberangkatan jemaah calon haji 2023, sesuai arahan Kantor Wilayah Kemenag Bangka Belitung (Babel), ada pembinaan manasik haji mandiri sebanyak 13 kali pertemuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: