Produksi Cabai Belitung 2022 Mencapai 407 Ton

Produksi Cabai Belitung 2022 Mencapai 407 Ton

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Belitung, Tenny Meireni--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung mencatat produksi cabai tahun 2022 mencapai 407,05 ton.

Produksi komuditas pertanian cabai di Kabupaten Belitung itu terdiri dari cabai keriting sebanyak 147,18 ton dan cabai rawit 259,87 ton.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Kabupaten Belitung Tenny Meireni mengatakan, produksi cabai 2022 meningkat sekitar 100 ton dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun ini ada peningkatan hampir 100 ton, sedangkan target total produksi cabai tahun 2022. Yakni 435 ton meskipun kurang sedikit," kata Tenny Meireni kepada Belitong Ekspres, Minggu (29/1/2023).

BACA JUGA: PCNU Belitung Luncurkan Mobil Ambulans NU, Pelayanan Gratis untuk Seluruh Masyarakat

BACA JUGA:Hari Jadi Beltim ke-20, Rohalba Dorong Pemda Fokus Siapkan SDM, Suladi Berharap Mampu Gali Semua Potensi

Ia menjelaskan, penanaman cabai di Belitung saat ini ada di Kecamatan Badau, Sijuk, Membalong dan Tanjungpandan. Untuk luas panen tanaman tahun 2022 cabai keriting 31,79 hektar dan cabai rawit 74,28 hektar.

Sedangkan, luas tanam baru atau tanam tambah cabai tahun 2022 untuk cabai keriting 33,88 hektar dan cabai rawit 76,43 hektar.

"Jadi itu luas tanam itu, ada yang sudah panen dan ada juga yang belum panen juga kan. Misalnya nanam bulan November dan Desember itu belum panen," jelas Tenny.

Sementara untuk kendala produksi cabai saat ini masih sama. Yakni hama penyakit akibat perubahan iklim karena di tahun 2022 hampir tidak ada musim panas.

BACA JUGA:Bastiar Rianto Resmi Jadi Ketua PWI Belitung

BACA JUGA:Brotherhood PCX Belitung Community Hadir di Negeri Laskar Pelangi, Servis Dapat Potongan 30 Persen

"Tentunya petani harus bekerja lebih ketika musim dengan curah hujan tinggi. Petani harus benar-benar menjaga tanaman cabainya, kalau tidak lembab, ada juga jamur kendalanya," terangnya.

Kemudian, Tenny menerangkan, komoditas cabai di Belitung saat ini juga masih kuota pupuk subsidi yakni NPK. Sedangkan pupuk lain harganya normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: