Karena Prestasi Mentereng, Nama Sri Mulyani Masuk Bursa Calon Gubernur BI, Layakah?

Karena Prestasi Mentereng, Nama Sri Mulyani Masuk Bursa Calon Gubernur BI, Layakah?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati--JawaPos.com

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Sederet penghargaan dan prestasi mentereng diraih oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati selama perjalanan karirnya.

Bahkan, karena prestasi mentereng Menteri Sri Mulyani itu, beredar rumor namanya masuk bursa salah satu calon Gubernur Bank Indonesia (BI). 

Nama Sri Mulyani digadang-gadangkan akan menggantikan posisi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang masa jabatannya habis Mei 2023.

Untuk diketahui, selama perjalanan karirnya Sri Mulyani sendiri sudah beberapa kali menjabat posisi strategis di Indonesia bahkan dunia. 

Oleh Karena itu, tidak heran bila nama Sri Mulyani ikut digadang-gadang sebagai salah satu calon Gubernur Bank Indonesia (BI).

BACA JUGA:Sri Mulyani: Pendapatan Negara Tembus Target, Stabilitas Sistem Keuangan Terus Membaik

Sri Mulyani adalah perempuan asal Tanjung Karang, Lampung. Ia berasal dari keluarga yang bergelut di bidang pendidikan. Ayah dan ibunya merupakan seorang dosen.

Pada tahun 1986, Sri Mulyani menyelesaikan studinya di Universitas Indonesia dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi.

Ia kemudian melanjutnya studinya di University of Illinois at Urbana Champaign, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics.

Tepat pada tahun 1992, Sri Mulyani mendapatkan gelar Ph.D in Economics. Lantas, perjalanan karirnya bermula pada November 2002.

Sosok Sri Mulyani dikenal sebagai spesialis penelitian keuangan publik, kebijakan fiskal dan ekonomi tenaga kerja.

BACA JUGA:Pj Gubernur Ajak Semua Pihak Bantu Promosikan UMKM Bangka Belitung

Dia terpilih menjadi Executive Director pada International Monetari Fund (IMF) yang mewakili 12 negara di Asia Tenggara (South East Asia/SEA Group).

Persisnya pada 21 Oktober 2004, Sri Mulyani mendapatkan tugas pertamanya di Kabinet sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id