Dindikbud Belitung Targetkan Seluruh Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

Dindikbud Belitung Targetkan Seluruh Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

Kepala Dindikbud Kabupaten Belitung, Soebagio -Ist-

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung targetkan seluruh sekolah terapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2023-2024.

Kepala Dindikbud Kabupaten Belitung Soebagio mengatakan, kurikulum merdeka merupakan kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam. 

Dengan intrakurikuler yang beragam konten akan lebih optimal. Peserta didik mempunyai cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

"Implementasi kurikulum merdeka ini akan dilakukan secara bertahap.  Karena saat ini kita masih masa transisi antara K13 dengan kurikulum merdeka,” kata Soebagio kepada Belitong Ekspres, Senin (13/2/2023).

BACA JUGA:JPU Kejari Belitung Tolak Pledoi Terdakwa Korupsi Juhri dan Suardi

BACA JUGA:Rusak Parah, Rusdianto Minta Pemkab Belitung Perbaiki Jalan Alternatif ke Bandara

Lebih lanjut Soebagio menjelaskan, di kabupaten Belitung sendiri, penerapan kurikulum merdeka sudah mulai sejak tahun 2021 lalu.

“Alhamdulillah dari total 248 satuan pendidikan tingkat TK/PAUD, SD, SMP dan SKB se Kabupaten Belitung, 70 satuan pendidikan kita telah menerapkan kurikulum merdeka,” ujarnya.

Oleh karena itu, Soebagio berharap, agar satuan pendidikan formal dan non formal tersebut menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2023-2024.

“Memang kebijakan wajib dari Kemendikbud itu tahun ajaran 2024-2025. Tapi untuk Kabupaten Belitung diupayakan tahun ajaran 2023-2024. Alhamdulillah untuk tingkat SMP sudah komitmen kepala sekolahnya di tahun ajaran 2023-2024,” jelasnya.

BACA JUGA:BNNK Belitung Target Bentuk 2 Desa Bersinar 2023, Tanjung Binga dan Dukong

BACA JUGA:Umar dan Hadi Keluarga Sebagai Juara Turnamen Gaple Bejubel

Sementara itu, Kabid Pembinaan SD Dindikbud Kabupaten Belitung, Yuswardi mengatakan, mereka akan berupaya semaksimal mungkin, agar seluruh sekolah ini melaksanakan kurikulum merdeka di tahun ajaran 2023-2024.

Lalu, pendaftaran implementasi kurikulum merdeka melihat kesiapan kepala satuan pendidikan dan pendidik. Sebab pilihannya ada dua, yaitu siap dan sangat siap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: