Popularitas Partai Perindo Kian Menanjak, Hary Tanoesoedibjo Top Five Ketum Parpol Terpopuler

Popularitas Partai Perindo Kian Menanjak, Hary Tanoesoedibjo Top Five Ketum Parpol Terpopuler

Ketum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menjadi salah satu Ketum partai politik terpopuler di Indonesia merujuk Survei Litbang Kompas-Ist-

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Popularitas Partai Persatuan Indonesia (Perindo) yang dikomandoi bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) kian menanjak. 

Bahkan, Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menjadi salah satu Ketum partai politik terpopuler di Indonesia merujuk Survei Litbang Kompas.

Berdasarkan hasil Survei Litbang Kompas periode 23 Januari 2023, popularitas Hary Tanoesoedibjo berada di posisi 5 besar _(top five). Yakni, dengan hasil survei 46,6 persen dan akseptabilitas 32,3 persen.

Popularitas Hary Tanoesoedibjo, bahkan mampu melampaui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto sebesar 34,7 persen dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang mencapai 34,5 persen.

BACA JUGA:Hasil Survei PWS: Perindo Tembus Empat Besar Parpol Peduli Pertanian

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri masih berada di puncak sebagai ketua parpol paling populer di Indonesia. 

Popularitas Megawati diikuti Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Dikutip dari Survei Litbang Kompas, Selasa (21/2/2023), kekuatan sosok tokoh partai, terutama ketua umum, menjadi personifikasi dari parpol dan memberikan insentif efek elektoral bagi partai.

Tak hanya itu, dalam Survei Litbang Kompas yang berlangsung dari 25 Januari hingga 4 Februari 2023 juga menempatkan Partai Perindo yang dikenal peduli rakyat kecil.

BACA JUGA:Michael Victor Sianipar dan Sortaman Saragih Resmi Dilantik HT, Perkuat DPP Partai Perindo

Partai Perindo konsiten memperjuangkan penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera itu-- berada di peringkat 3 besar atau top three. Perindo sebagai partai politik dengan konstituen yang aktif di dunia maya atau media sosial dengan capaian 42,8 persen.

Adapun, di peringkat pertama terdapat PKS dengan angka berkisar 57,2 persen. Sementara itu, Partai Demokrat juga memiliki konstituen cukup aktif di medsos dan berada di urutan kedua dengan poin 46,3 persen.

Partai Perindo yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada Pemilu 2024 itu, dinilai publik menonjol dari sisi popularitas dan akseptabilitas, serta mampu meraih elektabilitas yang tinggi pula.

"Partai ini memiliki tingkat pengenalan 69,5% dengan  akseptabilitasnya berada di angka 45,7%. Dari sisi elektabilitas, Perindo juga relatif menonjol dibandingkan partai nonparlemen lainnya dengan angkat 4,1%," demikian dikutip dari Litbang Kompas, Selasa (21/2/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: