SMP Anugrah Tanjungpandan Belajar Literasi Menulis dan Digital ke SMAN 1 Manggar

SMP Anugrah Tanjungpandan Belajar Literasi Menulis dan Digital ke SMAN 1 Manggar

Kepala SMP Anugrah, Eko Januar Wibowo menyerahkan souvenir kepada Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin-Ist-

”Selamat datang kepada rombongan SMP Anugrah Tanjungpandan. Kami sangat bersyukur dapat menerima kunjungan dari SMP Anugrah Tanjungpandan yang hari ini dibawa oleh teman saya pak Eko," ucapnya. 

Menurut Sabarudin, SMAN 1 Manggar berdiri dari tahun 1980, jadi usianya sudah hampir 43 tahun di tahun 2023 ini. Dari itu semua sekolah sudah melahirkan banyak lulusan yang sukses terutama di bidang literasi. 

"Sebut saja yang paling terkenal yaitu novelis Andrea Hirata. Dia adalah alumni SMAN 1 Manggar yang sangat luar biasa. Semangat itulah yang akhirnya dijadikan pemicu untuk terus berliterasi dan mengembangkan sekolah literasi ini.

”Semangat tersebut Alhamduillah ternyata memberikan impact positif bagi kami untuk terus maju dan berkembang. Oleh sebab itu, semangat inilah yang kami coba untuk bagikan ke teman-teman dari SMP Anugrah Tanjungpandan," ujar Sabarudin.

BACA JUGA: SMAN 1 Manggar Juara KANO CUP FUTSAL 2023, Kalahkan Tim SMA 1 Damar di Final

"Kemudian jika SMP Anugrah ingin belajar mengenai literasi digital dan publikasi, saya rasa sekolah kami memang cocok untuk itu. Karena kita tau di saat ini dunia benar-benar butuh dengan publikasi terutama publikasi  digital dan SMAN 1 Manggar merupakan sekolah terbaik untuk publikasi digital tersebut," paparnya.

Sabarudin kembali mengucapkan sangat senang menerima kedatangan SMP Anugrah. Ia mempersilahkan untuk menggali ilmu yang bisa diambil di SMAN 1 Manggar.

"Dan nanti silahkan untuk yang lebih konsen ke literasi menulis akan lebih dijelaskan oleh pak Ares Faujian dan untuk literasi digital terutama tentang broadcast team akan dipaparkan oleh pak Hariyanto. Terakhir, semoga kemitraan ini akan terus terjalin antara kedua sekolah," tutupnya.

Setelah pembukaan berlangsung, rombongan SMP Anugrah kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama belajar mengenai literasi menulis yang dipaparkan langsung oleh guru penulis SMAN 1 Manggar, Ares Faujian. 

Kemudian, pemaparan disampaikan pula oleh siswa SMAN 1 Manggar, Gabriella Claresta Zou. Ia memaparkan mengenai pengalamannya menulis dan kemudian benefit yang didapatkannya dengan program menulis di sekolah. 

BACA JUGA:Belitung Tuan Rumah HLTF-ACV, Dihadiri 70 Delegasi ASEAN

Selanjutnya kelompok kedua diajak untuk belajar mengenai broadcast SMAN 1 Manggar. Mereka dipaparkan mengenai program broadcast team oleh wakil pembinanya yaitu Hariyanto dan salah satu anggota broadcast team, Nadila Sofwah. Setelahnya seluruh rombongan meninggalkan SMAN 1 Manggar tepat pukul 14.00 WIB. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: