Viral Bulan Bintang Terlihat Berdampingan, Ini Penjelasan Fenomena Astronomi

Viral Bulan Bintang Terlihat Berdampingan, Ini Penjelasan Fenomena Astronomi

Fenomena Astronomi bulan dan bintang terlihat berdampinan di langit Pulau Belitung, Jumat (24/3/2023) sekira pukul 19.00 WIB-Ist-

Oleh karena itu, ada saat-saat ketika bulan dan bintang-bintang terlihat berdekatan di langit, meskipun sebenarnya mereka berjarak jauh satu sama lain. Fenomena ini biasa terjadi dan dapat diamati dari berbagai tempat di Bumi.

BACA JUGA:Pemerintah Larang Pejabat dan ASN Buka Puasa Bersama, Ini Alasannya

Bisa Terjadi di Seluruh Dunia

Konjungsi bulan-bintang bisa terjadi di seluruh dunia, tetapi waktu dan posisi di langit ketika konjungsi terlihat berbeda-beda tergantung pada lokasi pengamat di Bumi. 

Karena Bumi bulat, maka pandangan dari satu lokasi di Bumi akan berbeda dengan pandangan dari lokasi lain. Selain itu, waktu ketika konjungsi terlihat juga bisa sedikit berbeda di berbagai wilayah di dunia karena perbedaan zona waktu.

Sebagai contoh, jika konjungsi bulan-bintang terjadi pada malam hari di Asia, maka itu mungkin terjadi pada pagi atau siang hari di Amerika Utara. Oleh karena itu, waktu dan posisi di langit ketika konjungsi terlihat tergantung pada lokasi pengamat di Bumi.

Akan tetapi, konjungsi bulan-bintang biasanya terlihat dalam rentang waktu yang singkat, dan biasanya hanya beberapa jam saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: