Viral Bulan Bintang Terlihat Berdampingan, Ini Penjelasan Fenomena Astronomi

Viral Bulan Bintang Terlihat Berdampingan, Ini Penjelasan Fenomena Astronomi

Fenomena Astronomi bulan dan bintang terlihat berdampinan di langit Pulau Belitung, Jumat (24/3/2023) sekira pukul 19.00 WIB-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Fenomena bulan terlihat berdampingan dengan bintang viral di hari kedua puasa Ramadan 1444 Hijriah. Di media sosial pun ramai dibagikan dan menjadi perbincangan hangat.

Bulan sabit berdampingan dengan bintang terjadi hampir di beberapa wilayah di Indonesia Jumat (24/3/2023). Seperti di Medan, Muara Enim, di Kota Kendari, termasuk di Pulau Belitung, Bangka Belitung (Babel).

Pantauan Belitong Ekspres fenomena tak biasa ini terjadi sebabis waktu berbuka puasa. Terlihat jelas bulan sabit dan bintang berdampingan dari pukul 18.30 WIB hingga 20.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, itu merupakan fenomena astronomi. Di mana bulan dan bintang terlihat berdampingan, itu mungkin merujuk pada peristiwa konjungsi bulan-bintang.

BACA JUGA:Lahan Kosong di Kawasan Museum Maritim Sijuk Terbakar, Tim Damkar Gerak Cepat

Peristiwa konjungsi bulan-bintang terjadi ketika bulan dan satu atau beberapa bintang terlihat berdekatan dari perspektif pengamat di Bumi. 

Hal ini terjadi karena bulan dan bintang-bintang yang terlihat di langit sebenarnya berada pada posisi yang jauh berbeda dalam jarak yang sangat besar. 

Konjungsi bulan-bintang memang peristiwa yang menarik untuk diamati, terutama jika kita suka melihat langit di malam hari.

Kondisi ini bisa terjadi ketika bulan dan bintang-bintang berada dalam konstelasi yang sama di langit, atau ketika bulan melintasi dekat dengan posisi bintang-bintang tertentu. 

Kemudian, konjungsi bulan-bintang bisa terjadi dalam jangka waktu yang berbeda-beda, tergantung pada posisi bulan dan bintang-bintang di langit.

BACA JUGA:Apa Kabar Tipikor KMK Bank Mandiri, yang Sudah Diusut Kejati Babel?

Akan tetapi, konjungsi bulan-bintang tidak selalu terlihat spektakuler, tergantung pada jarak dan posisi relatif antara bulan dan bintang-bintang pada saat itu. 

Namun, beberapa konjungsi bulan-bintang dapat terlihat sangat indah dan menarik, terutama jika kondisi langit cerah dan tidak ada hambatan seperti gedung atau pohon yang menghalangi pandangan.

Selain itu, konjungsi bulan-bintang adalah fenomena astronomi yang lumrah terjadi. Hal ini terjadi karena bintang-bintang terletak sangat jauh dari Bumi dan relatif tetap dalam posisinya di langit. Sedangkan bulan bergerak mengelilingi Bumi dengan siklus yang teratur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: