Platform Teknologi AI Google Bard Saingi ChatGPT, Simak Perbedaannya

Platform Teknologi AI Google Bard Saingi ChatGPT, Simak Perbedaannya

Ilustrasi: Respon persaingan dengan ChatGPT, Google umumkan platform bernama Bard--(Google)

Apa itu Google Bard? 

Bard, yang secara harfiah berarti ‘pendongeng’, adalah chatbot bertenaga AI eksperimental yang dibuat oleh Google, yang dapat menanggapi berbagai pertanyaan dan permintaan dengan cara percakapan. 

Chatbot dirancang untuk bersaing dengan ChatGPT OpenAI. Bard menggunakan LaMDA (Language Model for Dialogue Applications) yang merupakan model bahasa Google yang dibangun di atas Transformer, arsitektur jaringan saraf, yang menjadi dasar dari beberapa aplikasi AI generatif yang terlihat saat ini.

LaMDA dapat memprediksi kata-kata berikut dalam rangkaian berdasarkan kata-kata sebelumnya dan dapat merangsang dialog dengan cara yang lebih longgar daripada yang biasanya diizinkan oleh respons berbasis tugas. 

Sampai sekarang, Google menyatakan bahwa Bard masih dalam tahap percobaan dan segera setelah Anda masuk, Anda akan mendapatkan pesan peringatan ‘Bard tidak akan selalu melakukannya dengan benar’. 

BACA JUGA:Penjahat Siber Bisa Menyusupi Sistem Pembayaran Nirsentuh, Masyarakat Harus Waspada

BACA JUGA:Mau Dapat Saldo DANA Gratis Hingga Rp 500 Ribu Setiap Hari? Cobain Cara Terbaru dari Bicolink

Meskipun dirancang untuk bersaing dengan ChatGPT, Chatbot Bard versi awal terbatas pada teks tanpa respons terhadap gambar atau audio. 

Selain itu, Bard masih tidak dapat digunakan untuk tugas-tugas lanjutan seperti pengkodean tetapi Google sedang mengerjakan fitur-fitur ini dan akan meluncurkan hal yang sama pada waktunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com