Puntung Rokok Bakar Lahan Seluas 2 Hektar di Kecamatan Sijuk, Belum Sebulan 2 Kali Kejadian

 Puntung Rokok Bakar Lahan Seluas 2 Hektar di Kecamatan Sijuk, Belum Sebulan 2 Kali Kejadian

Tim Damkar BPBD Belitung saat berusaha memadamkan api di depan Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung , Selasa (11/4) dini hari-Ist-

SIJUK, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Lahan kosong seluas kurang lebih dua hektar di Jalan Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Belitung, terbakar Selasa (11/4) dini hari. 

Peristiwa Kebakaran lahan kosong persis di depan Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung diduga karena ada masyarakat membuang puntung rokok sembarangan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran lahan kosong tersebut. Tim Damkar BPBD Kabupaten Belitung datang cepat, sehingga api tidak menyebar ke hotel.

Danru Piket Damkar BPBD Kabupaten Belitung Riko Pribadi mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari satpam setempat mengenai adanya kebakaran lahan kosong di lokasi.

BACA JUGA:Lahan Kosong di Kawasan Museum Maritim Sijuk Terbakar, Tim Damkar Gerak Cepat

Setelah mendapat telepon tersebut, Tim Damkar BPBD Belitung langsung menuju ke lokasi yang jaraknya kurang lebih 18 kilometer. Yakni dengan menggunakan dua unit mobil pemadam. 

Setiba di lokasi, Tim Damkar langsung menyemprotkan air tersebut ke api yang menyala. Sekitar satu jam lebih api berhasil dipadamkan. "Untuk lahan yang terbakar sekitar kurang lebih 2 hektar," kata Riko kepada Belitong Ekspres.

Belum genap sebulan, sudah terjadi dua kali kebakaran lahan kosong di lokasi. Sebelumnya, kebakaran tersebut terjadi di kawasan Museum Maritim, Jalan Tanjung Kelayang Desa Keciput, 23 Maret 2023 lalu.

"Benar dalam beberapa Minggu ini ada dua kebakaran di Sijuk. Penyebabnya karena adanya orang buang Putung rokok sembarangan," kata Camat Sijuk Febriansyah.

Febriansyah menjelaskan, dua kebakaran di lokasi dipastikan tidak ada kesengajaan. Selain Putung rokok, faktor cuaca juga mempengaruhi terjadinya kebakaran di lokasi.

BACA JUGA:Belum Dapat THR, Pekerja di Belitung Diminta ke Posko Pengaduan

"Beberapa hari ini, kawasan di lokasi memang sangat panas. Sehingga menyebabkan kekeringan. Di lokasi tersebut memang langganan kebakaran setiap tahunnya," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: