Penyebab Rumah Panggung di Tanjungpandan Terbakar Terungkap, Tini Rugi Ratusan Juta

Penyebab Rumah Panggung di Tanjungpandan Terbakar Terungkap, Tini Rugi Ratusan Juta

Tim Damkar BPBD Belitung saat memadamkan api yang membakar Rumah Panggung di Jalan Zainuddin Aba, Kelurahan Pangkallalang-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Polsek Tanjungpandan mengungkap penyebab utama terbakarnya rumah panggung milik Herliantini alias Tini (58) di Jalan Zainuddin Aba, Kelurahan Pangkallalang.

Kerugian dari peristiwa kebakaran rumah Tini Minggu (30/4/2023), ditaksir mencapai hingga ratusan juta rupiah. Sebab, bangunan dan sejumlah perabotan, uang tunai hingga emas juga ikut terbakar.

Kapolsek Tanjungpandan Kompol Dedy Nuary mengatakan, jajaran sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Seperti memeriksa saksi-saksi dan korban pemilik rumah. 

Korban meninggalkan rumah sekitar pukul 10.15 WIB dan memastikan kondisi aman. Hanya saja colokan listrik kulkas belum ia cabut. Lalu, pada sore harinya rumah tersebut terbakar.

"Barang yang terbakar yakni kulkas, handphone, speaker, satu buah cincin emas, penanak nasi, kasur dan juga uang tunai sebesar Rp 4 juta," kata Kompol Dedy Nuary kepada Belitong Ekspres, Senin (5/1/2023).

BACA JUGA: Kasihan, Rumah Panggung Kelurahan Pangkallalang Ludes Terbakar

"Selain itu, juga ada surat-surat berharga yang ikut terbakar. Seperti paspor, buku tabungan dan juga ijazah. Serta seluruh baju atau pakaian yang ada di dalam rumah tersebut," sambungnya.

Kompol Dedy menjelaskan, diduga penyebab kebakaran tersebut dikarenakan kelalaian korban pemilik rumah yang memicu terjadi korsleting listrik.

"Dugaannya konsleting listrik, sehingga api cepat terbakar dan membesar. Sebab, hampir mayoritas bangunan rumah terbuat dari papan atau kayu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, rumah panggung terbuat dari papan kayu yang berada di Jalan Zainuddin Aba, Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan, ludes terbakar Minggu (30/4) sore.

Anggota Damkar BPBD Kabupaten Belitung Riko Pribadi mengatakan, awalnya dia mendapat laporan adanya kebakaran rumah milik Tini. Lalu ia menginformasikan ke petugas piket.

Setelah itu, tak lama kemudian dua unit mobil pemadam kebakaran langsung mendatangi lokasi. Lalu berusaha untuk memadamkan api yang berkobar.

BACA JUGA:Zulfani 'Ikal' Pemeran Laskar Pelangi Jadi Tersangka, Berawal Dari Ide Istri Tawarkan Open BO Tipu-Tipu

“Akses jalan yang kecil menjadi kendala masuknya mobil pemadam. Namun Alhamdulillah api berhasil dipadamkan,” kata Riko kepada Belitong Ekspres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: