Penemuan Fakta Baru 4 Mie Instan Indonesia Pemicu Kanker, Dilarang Beredar di Luar Negeri

Penemuan Fakta Baru 4 Mie Instan Indonesia Pemicu Kanker, Dilarang Beredar di Luar Negeri

Ilustrasi Mie Instan Indonesia --pixabay

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Kasus produk mie instan dari Indonesia yang dilarang beredar di luar negeri karena mengandung pemicu Kanker kembali terulang.

Terbaru, ada 4 produk mie instan Indonesia tengah menjadi sorotan. Mie instan disorot usai ditemukan fakta baru mengenai kandungan etilen oksida yang dinilai berbahaya karena menjadi pemicu kanker.

Seperti dilaporkan pihak Taiwan. Negara itu melaporkan ada dua produk mi instan yang memicu kanker yang salah satunya berasal dari Tanah Air, yakni Indomie rasa Ayam Spesial. 

Akibat penemuan fakta baru tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Taiwan meminta para pengecer menarik produk mie instan Indonesia itu dari toko-tokonya. 

BACA JUGA:Murah Meriah, Sayur Kecipir Kaya Manfaat dan Bernutrisi Tinggi

BACA JUGA:Ini Rahasia Resep Minuman dr Zaidul Akbar untuk Membersihkan Segala Macam Penyakit

Sementara itu, para importir produk bakal dikenakan denda antara 60 ribu dolar Taiwan atau setara Rp29 juta hingga maksimal 200 juta dolar Taiwan atau setara Rp97 triliun.

Berikut produk mie instan Indonesia yang dilarang di luar negeri:

1. Mie Sedaap Soto

Badan Pangan Singapura (SFA) menarik produk Mie Sedaap Soto pada Oktober 2022 lalu. Tindakan ini dilakukan setelah mie dengan merk tersebut ditemukan mengandung etilen oksida.

SFA menegaskan akan melanjutkan pengujian peraturan produk mie instan Mie Sedaap lainnya dan bekerja dengan importir dan otoritas Indonesia untuk menyelidiki dan memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida. 

Mie Sedaap Soto ditarik dari peredaran yakni dengan kedaluwarsa 11 Desember 2022.

2. Mie Sedaap Curry

SFA juga menarik Mie Sedaap Curry asal Indonesia juga ditemukan mengandung etilen oksida. Mie jenis ini ditarik dari peredaran kedaluwarsa pada Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id