Terpilih Wakili Indonesia ke Jepang, Siswa SMAN 1 Manggar Bikin Bangga Bangka Belitung

Terpilih Wakili Indonesia ke Jepang, Siswa SMAN 1 Manggar Bikin Bangga Bangka Belitung

Foto bersama Gabriele Claresta Zou dengan kepala sekolah Sabarudin dan guru pembimbing SMAN 1 Manggar-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Siswa SMAN 1 Manggar kembali membuat bangga Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Bangka Belitung (Babel) karena mewakili Indonesia ke Jepang.

Gabriele Claresta Zou, siswa kelas XI IPA SMAN 1 Manggar berhasil menjadi perwakilan Indonesia ke Jepang dalam Sakura Science High School Program (SSHP) tahun 2023. 

Siswa kebanggaan SMAN 1 Manggar Gabriele Claresta Zou yang akrab disapa Gaby terpilih mengikuti program tahunan dari Badan Sains dan Teknologi Jepang sejak 2014.

Pemerintah Jepang dalam hal ini mengundang beberapa siswa sekolah menengah dari berbagai negara untuk datang ke Jepang agar berpartisipasi dalam program tersebut.

Jepang menyediakan kelas khusus yang pengajarnya adalah para ilmuwan terkemuka, termasuk peraih Nobel. Sejumlah kegiatan yang digelar di antaranya mengunjungi universitas dan lembaga penelitian terkemuka di Jepang.

BACA JUGA:Hattrick, Tim Futsal SMAN 1 Manggar 3 Kali Berturut-turut Juarai Turnamen Futsal Pelajar

Kemudian dalam program tersebut, juga ada kegiatan sosial dengan siswa sekolah menengah Jepang, mengunjungi kedutaan besar di Jepang dan pengenalan budaya Jepang.

Seleksi untuk menjadi wakil Indonesia dalam program tersebut tidaklah mudah bagi Gaby. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan, termasuk seleksi administasi dan seleksi subtansi lainnya. 

Menurut surat yang dikeluarkan oleh Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendibudristek), terdapat 18 orang siswa SMA yang akan diikutkan dalam program SSHP tersebut. 

15 siswa merupakan usulan dari Direktorat Sekolah Menengah Atas yang diambil dari siswa pemenang ajang kompetisi Duta SMA Tahun 2022 dan Tanos Tahun 2022 serta sisanya 3 siswa SMA merupakan usulan dari BKHM.

Sebuah kehormatan bagi Gaby dapat terpilih menjadi salah satu perwakilan siswa SMAN dari Indonesia. Sebab ia harus melewati proses seleksi yang panjang dari Direktorat SMA Kemendibudristek. 

"Tentu saya sangat bersyukur bisa lolos seleksi untuk mengikuti SSHP di Jepang pada tanggal 30 Juli sampai dengan 05 Agustus mendatang," ungkap Gaby dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/5/2023).

BACA JUGA:Cetak Triple Kill, SMAN 1 Manggar Raih 3 Juara

Gaby sedikit bercerita, pada tahun ini Indonesia mendapatkan kuota sebanyak 35 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa SMK dan 18 siswa SMA. Nah, untuk siswa SMA sendiri pada tahun ini dipilih langsung dari siswa-siswi duta SMA seluruh Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar