Innalillahi, Tidak Dianjurkan Mandi di Tiga Waktu Ini, Bisa Tingkatkan Risiko Kematian?

Innalillahi, Tidak Dianjurkan Mandi di Tiga Waktu Ini, Bisa Tingkatkan Risiko Kematian?

Ilustrasi mandi dengan shower--Courtesy Delta Faucet

Barulah kemudian kita bisa melanjutkan mandi seperti biasa. Hikmah dari cara mandi yang benar ini adalah untuk menghindari retaknya tubuh, seperti halnya gelas yang diisi air panas kemudian diisi air dingin. 

Tubuh kita juga cenderung panas, sedangkan air mandi yang kita gunakan cenderung dingin. Jika kita langsung menyiramkan air ke seluruh badan atau bahkan kepala, angin yang seharusnya keluar malah terperangkap dan bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah.

Jika cara mandi kita tidak benar, maka dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Seperti jatuh di kamar mandi, stroke, masuk angin dan migrain.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui cara mandi yang benar, agar tubuh kita tetap sehat, dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Perhatikan juga waktu yang dianjurkan dan dilarang oleh Rasulullah ketika mandi.

Walaupun tidak ada batasan waktu, namun terdapat waktu-waktu tertentu yang dianjurkan untuk mandi dalam agama islam.

Menurut buku Fiqih Islam Wa Adillatuhu jilid 2 Karya Profesor Doktor Wahbah Zuhaili, waktu mandi menurut Mazhab Syafi'i adalah pertengahan malam. Sedangkan menurut Mazhab Maliki, dianjurkan pada seperenam terakhir malam dan setelah salat subuh.

Sementara itu Mazhab Hanafi dan Hambali memerintahkan untuk melakukan mandi setelah salat subuh.

Dari keempat mazhab tersebut, dianjurkan untuk mandi pada pagi hari, baik setelah tengah malam maupun setelah salat subuh. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut kandungan ozon pada air sangatlah tinggi, sehingga tubuh terasa lebih segar dan daya tubuh meningkat.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim sangat penting untuk menjaga waktu mandi yang baik dan anjuran dalam agama Islam.

Dalam agama Islam juga terdapat tiga waktu yang tidak dianjurkan untuk mandi. Hal ini disampaikan karena pada waktu-waktu ini tubuh manusia sedang mengalami kondisi yang rawan dan memerlukan istirahat.

BACA JUGA:Global Islamic Finance Summit 2023, Komitmen Kuat BSI Dorong Kemajuan Ekonomi Syariah Indonesia

  • Pertama, 30 Menit Setelah Sholat Ashar 

Pada waktu tertentu, suhu tubuh manusia meningkat dan sangat tidak disarankan untuk mandi pada saat itu, karena dapat menimbulkan rasa lelah dan letih.

Salah satu anjuran yang harus diperhatikan adalah jangan mandi selama 30 menit setelah sholat ashar. Apabila tidak, maka akan berdampak buruk pada tubuh.

Waktu mandi yang tak dianjurkan ini biasanya terjadi pada jam 3 sore, di mana banyak orang melakukan aktivitas mandi setelah beraktivitas, seperti bekerja atau sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: