Innalillahi, Tidak Dianjurkan Mandi di Tiga Waktu Ini, Bisa Tingkatkan Risiko Kematian?

Innalillahi, Tidak Dianjurkan Mandi di Tiga Waktu Ini, Bisa Tingkatkan Risiko Kematian?

Ilustrasi mandi dengan shower--Courtesy Delta Faucet

Pada saat itu kondisi darah dalam tubuh tengah dalam keadaan panas dan mandi pada waktu tersebut dapat meningkatkan risiko kematian mendadak, bahkan jika menggunakan air dingin.

Jantung bisa berdebar semakin cepat dan kinerja jantung semakin melemah sehingga orang yang memiliki masalah jantung harus lebih berhati-hati. Oleh karena itu disarankan untuk menghindari mandi selama 30 menit setelah sholat Ashar, pada waktu kondisi darah dalam tubuh sedang panas.

  • Kedua, Waktu Magrib 

Pada waktu magrib jantung masih lemah, sehingga mandi pada saat tersebut dapat meningkatkan risiko terkena penyakit paru-paru basah.

Sebaiknya hindari mandi pada waktu tersebut, khususnya 30 menit setelah sholat ashar hingga setelah sholat maghrib, sekitar pukul 6 sore hingga 7 malam waktu setempat.

Jika tetap memaksa mandi pada waktu tersebut, maka dapat menyebabkan jantung mengalami kaget dan berpotensi menyebabkan kematian mendadak.

Hal ini karena, tubuh sedang dalam kondisi panas dan terkena air dingin pada saat itu dapat membuat tubuh kaget. Terutama bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung atau pembuluh darah, hal ini dapat menyebabkan masalah serius atau bahkan fatal.

Sebaiknya selalu sesuaikan suhu tubuh sebelum mandi jika ingin menggunakan air hangat, maka gunakan air hangat sesuai dengan suhu tubuh yang dibutuhkan.

  • Ketiga, Sesudah Isya Hingga Jam 12 Malam 

Waktu setelah isya adalah saat yang penting bagi jantung manusia untuk beristirahat. Oleh karena itu, mandi pada waktu itu dapat merusak jantung seseorang dan bahkan menyebabkan penyakit rematik. 

Jangan mandi antara pukul 7 hingga 12 malam, karena suhu tubuh sedang panas pada waktu itu dan memaksa mandi dapat membahayakan tubuh karena tidak sesuai dengan suhu tubuh. Mandi dengan air dingin pada saat suhu tubuh sedang panas dapat menyebabkan rasa tidak nyaman setelah mandi.

Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan otot menjadi kaku, meskipun tidak terlalu berbahaya. Menurut Rasulullah mandi yang tepat adalah waktu subuh atau sebelum subuh. Karena pada saat itu, air mengandung ozon lebih tinggi, sehingga sangat baik untuk tubuh dan bisa membuat anda awet muda serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebagai Tambahan informasi yang perlu diketahui, bahwa anjuran-anjuran tersebut tidak berlaku secara mutlak dan tidak ada sanksi apapun jika melanggar anjuran tersebut.

Itu hanya dianjurkan agar tubuh tidak terganggu keseimbangannya. Namun sangat penting untuk mencuci anggota tubuh yang berkeringat, terutama pada daerah-daerah tertentu seperti ketiak, selangkangan, dan bokong untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Selain itu selain tentang tiga waktu yang tidak dianjurkan untuk mandi belum tentu benar. Dokter jantung dari Rumah Sakit Premier Jatinegara Jakarta dr Muhammad Gibran Fauzi Harmani, Sp.JP mengatakan, bahwa klaim tentang 3 waktu yang dilarang untuk mandi adalah tidak benar.

Dia menambahkan bahwa mandi tidak ada hubungannya dengan kesehatan jantung. Dalam agama Islam mandi memiliki nilai ibadah karena dapat membersihkan tubuh dan jiwa dari segala kotoran dan dosa-dosa.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mandi setiap hari, terutama sebelum melakukan ibadah seperti salat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: