Satu Korban Bagan Hanyut Hantaman Badai di Burung Mandi Damar Selamat, Seorang Lagi Meninggal Dunia

Satu Korban Bagan Hanyut Hantaman Badai di Burung Mandi Damar Selamat, Seorang Lagi Meninggal Dunia

Evakuasi korban bagan hanyut yang kena hantaman badai di Perairan Pantai Burung Mandi.--Ist

DAMAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dua nelayan korban bangan hanyut di sekitar Perairan Pantai Burung Mandi berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan sekitar pukul 08:58 WIB, Sabtu, (27/5/2023). 

Sebelumnya Sabtu 27 Mei 2023, sekitar pukul 07:00 WIB, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang telah mendapat informasi telah terjadi Kondisi Membahayakan Manusia terhadap orang jatuh dari bagan di sekitar Perairan Pantai Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. 

Informasi ini disampaikan oleh Bapak Laode selaku pemilik bagan melalui telpon ke Pos SAR Belitung. 

Berdasarkan informasi yang dirangkum oleh Petugas Command Center Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang Pada 27 Mei 2023 pukul 04:30 WIB, hujan badai telah terjadi di sekitar Perairan Pulau Buku Limau.

Terkait hal tersebut Bapak Laode pergi menuju bagan memakai perahu untuk mengecek kondisi bagan setelah mengalami terjangan badai.

BACA JUGA:Lagi-lagi CUAN, Segera Klaim Dana Kaget Hari Ini 27 Mei 2023 Rp 50 Ribu

BACA JUGA:Wadidaw, Cuma Nonton Video Dapat Saldo DANA Gratis Rp 150 Ribu, Buruan Cobain

Namun demikian, pada pukul 06:00 WIB diketahui kondisi bagan milik Bapak Laode roboh. Sementara itu dua orang anak buahnya yang sehari-hari menjaga bagan pun hilang tidak tahu di mana keberadaanya.

Di sisi lain, mengetahui kondisi tersebut Bapak Laode berusaha mencari dua anak buah di sekitar bagan, dan tidak kunjung menemukan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang membuka Operasi SAR Gabungan dan memberangkatkan 1 tim rescue menuju lokasi tersebut. 

Setelah melakukan pencarian, korban pertama atas nama mamat (L/38) ditemukan pada pukul 08:58 WIB pada koordinat 2°44'19.65"S 108°14'53.02"T dalam kondisi selamat dan segera dievakuasi ke Puskesmas Kecamatan Damar. 

Selanjutnya Korban kedua atas nama Musa (L/43) ditemukan dengan memggunakan Aqua Eye dan dilakukan penyelaman di bawah bagan selama 1 jam dengan kedalaman 7 meter pada pukul 08:58 WIB. 

Mamat ditemukan Tim SAR dalam kondisi meninggal dunia pada koordinat 2°44'12.8"S 108°15'25.33"T. Selanjutnya korban langsung dievakuasi ke Kecamatan Damar. 

Kronologi kejadian merupakan rangkaian kegiatan SAR Exercise latihan beregu air Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang tahun 2023 di Belitung Timur. Latihan ini diikuti oleh pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang, Pos SAR Belitung dan Unit Siaga SAR Tanjungpandan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: