Didominasi Pariwisata, 5 Desa Ini Terkaya di Indonesia, PADes Capai Rp50 Miliar

Didominasi Pariwisata, 5 Desa Ini Terkaya di Indonesia, PADes Capai Rp50 Miliar

Desa Kutuh Provinsi Bali adalah Desa Terkaya di Indonesia saat ini --Pinterest

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ratusan Kabupaten/ Kota dan puluhan ribu desa dan kelurahan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia diketahui memiliki total 81.616 desa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Namun sangat disayangkan dari puluhan ribu desa yang ada, hanya sedikit yang bisa memaksimalkan sumber daya alam, khususnya potensi pariwisata.

Padahal pemerintah pusat sudah menggelontorkan dana ratusan juta hingga miliaran ke pemerintahan desa guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

Alih-alih memaksimal dana tersebut, tak jarang justru banyak kepala desa yang ditangkap oleh aparat penegak hukum lantaran korupsi dana desa.

BACA JUGA:Daftar Provinsi Terkaya di Indonesia 2023, Bangka Belitung Masuk Gak Ya?

BACA JUGA:Ini Dia Desa Terkaya di Belitung, APBDes 2023 Capai Lebih Dari Rp 3 Miliar

Dari puluhan ribu desa di Indonesia, 5 desa di antaranya berhasil mengembangkan potensi wisata di daerah masing-masing. Bahkan menjadi desa terkaya di Indonesia 2023.

1. Desa Kutuh ( Provinsi Bali)

Desa terkaya di Indonesia saat ini dipegang oleh Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Provinsi Bali.

Desa Kutuh menjadi terkaya di Indonesia karena mampu memanfaatkan sektor pariwisata. Mereka bisa menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke desa tersebut.

Alih-alih membuat event di bekas lapangan bola, pemerintah Desa Kutuh jeli melihat peluang dengan memaksimalkan dana desa untuk mempercantik pariwisata di sana.

Wisata andalan Desa Kutuh di antaranya, Atraksi Khusus Linggis Paragliding, Pantai Pandawa, dan Gunung Payung Cultural Park.

Dengan pariwisata tersebut Desa Kutuh mampu meraih Pendapatan Asli Desa (PADes) mencapai Rp 50 Miliar per tahun. Waw, keren banget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: