Besok Belitung Expo 2023 Dibuka, Bakal Dimeriahkan Artis Ibu Kota

Besok Belitung Expo 2023 Dibuka, Bakal Dimeriahkan Artis Ibu Kota

Belitung Expo 2023-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung akan menyelenggaran Belitung Expo tahun 2023 di Pantai Wisata Tanjungpendam, Kota Tanjungpandan.

Acara ini akan diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung dari Sabtu (1/7/2023) hingga Rabu (5/7/2023) mendatang.

Pameran Belitung Expo 2023 bertujuan untuk memperingati Hari Jadi Kota Tanjungpandan(HJKT) yang ke-185 dengan tema "Belitung Mendunia, Wisata Melesat, Ekonomi Meningkat".

Tema tersebut sejalan dengan UMKM From Belitung To The World, Akhir Besame UMKM Berjaye, dan berkolaborasi dengan acara Internasional Asean Blue Economy Forum.

Acara ini telah mendapatkan rekomendasi dari Bupati Belitung Nomor 400/420/11/2023 tanggal 14 Juni 2023, serta izin keramaian dari Polres Belitung Nomor: SI/38 /VI/YAN.2.1/2023/ SAT INTELKAM tanggal 27 Juni 2023.

BACA JUGA:Bupati Belitung Kembali Menjadi Pemimpin Terpopuler di Media Pemberitaan Online 2023

"Insya Allah pada Sabtu (01/07) sekitar jam 2 siang, Belitung Expo 2023 akan kita buka secara resmi," kata Kepala Dinas KUKMPTK Belitung, Syamsuddin kepada Belitong Ekspres.

Menurut Syamsuddin, Belitung Expo merupkan wadah bagi UMKM untuk meningkatkan legalitas mereka. Misalnya, produk makanan/minuman harus memiliki sertifikat halal, dan produk kerajinan harus memiliki hak merek.

Selain itu, terkait hak cipta atau hak paten (Haki), UMKM juga diingatkan agar tidak hanya fokus pada omset semata. Pada tahun depan, restoran dan rumah makan diwajibkan memiliki sertifikat halal dari MUI. "Hal ini sudah sering kami ingatkan kepada UMKM dalam pembinaan dan pelatihan," ujar Syamsuddin.

Lebih lanjut Syamsuddin mengatakan, kegiatan pameran Belitung Expo merupakan kolaborasi antara Dinas KUKMPTK bidang KUKM dengan Even Organizer PT Aaliyah Cipta Pradana.

"Dengan diselenggarakannya Belitung Expo Tahun 2023 ini, diharapkan dapat menjadi stimulan dalam memulihkan perekonomian masyarakat, khususnya UMKM di Kabupaten Belitung, serta memotivasi UMKM agar tetap kreatif dan berinovasi," harapnya.

BACA JUGA:Dapat Penghargaan, Pos Kamling Sagu Terbaik di Seluruh Bangka Belitung

Syamsuddin menjelaskan bahwa jumlah peserta Belitung Expo 2023 sebanyak 132 peserta, yang dibagi menjadi beberapa zona. Terdapat 9 OPD di lingkungan Pemkab Belitung, 2 stand dari Pupuk Kujang, dan 3 stand dari BUMN (Imigrasi, PLN, Bank Sumsel Babel). 

Selain itu, ada zona kemandirian (12 stand), zona UMKM Naik Kelas (17 stand), zona resto (6 stand), zona ngupi (10 stand), zona untip untipan (25 stand), zona minuman viral (12 stand), zona makanan berat (35stand), dan zona penggemar Bonsai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: