Tanaman Pengusir Nyamuk Terbukti Ampuh, Bantu Cegah Demam Berdarah

Tanaman Pengusir Nyamuk Terbukti Ampuh, Bantu Cegah Demam Berdarah

Tanaman Lavender sebagai pengusir nyamuk--wikipedia

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Untuk mencegah DBD dan mengusir nyamuk, ada beberapa tanaman yang terbukti ampuh. tanaman ini dapat ditanam di area terbuka sekitar rumah, seperti halaman atau taman.

Selain itu, cara lain yang dapat dilakukan adalah menghancurkan daun atau bunga tanaman tersebut untuk meningkatkan pelepasan aroma yang dapat mengusir nyamuk.

Hal ini sangat penting terutama ketika memasuki musim hujan, karena jumlah kasus penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, seperti DBD, cenderung meningkat.

Berikut adalah 7 tanaman pengusir nyamuk yang ampuh, yang dapat membantu melindungi keluarga dari demam berdarah seperti dilansir dari disway.id

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasi Ketika Lagi Kumat

1. Lavender

Lavender sudah lama dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Aroma Lavender yang menenangkan sangat tidak disukai alias dibenci nyamuk. Kamu dapat menanam lavender di kebun kecil atau dalam pot, diletakkan di dekat pintu atau jendela, dan nyamuk akan kabur.

2. Marigold

Marigold bukan hanya merupakan tanaman hias yang indah, tetapi juga ampuh dalam mengusir nyamuk. Tanaman ini mengandung senyawa pyrethrum yang sering digunakan dalam produk pengusir serangga. Marigold tumbuh baik di bawah sinar matahari dan tanah yang subur.

3. Rosemary

Rosemary adalah tanaman herbal dengan aroma kayu yang khas. Aroma ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Selain sebagai pengusir nyamuk, rosemary juga dapat digunakan sebagai tanaman hias dan bumbu masakan.

BACA JUGA:Cara Upgrade Kelas Perawatan BPJS Kesehatan, Ini Syarat dan Rincian Biaya

4. Zodia

Zodia (Euodia sauveolens) adalah tanaman asal Indonesia, khususnya dari Papua, yang efektif dalam mengusir nyamuk. Penduduk Papua memanfaatkan daun zodia dengan mengusapkan perasannya ke kulit karena mengandung zat linanool dan a-pinene yang tidak disukai nyamuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: