SMAN 1 Manggar Selenggarakan IHT, Kuatkan Komitmen Sebagai Sekolah Penggerak

SMAN 1 Manggar Selenggarakan IHT, Kuatkan Komitmen Sebagai Sekolah Penggerak

SMAN 1 Manggar melaksanakan Pelatihan Kompetensi berupa In House Training untuk pendidik demi terciptanya SDM unggul selama 2 minggu dari tanggal 18-27 Juli 2023-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - SMAN 1 Manggar terpilih untuk melaksanakan Program Sekolah Penggerak kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sekolah ini menjadi satu-satunya SMA di Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang menjadi sekolah penggerak angkatan tiga tahun 2023 ini. 

Program Sekolah Penggerak bertujuan untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia, mencapai Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program ini berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik, termasuk aspek kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang dimulai dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (Kepala Sekolah dan Guru).

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Juara Umum O2SN Belitung Timur 2023, Bukti Prestasi Terlengkap Sekolah

Untuk mendukung kesuksesan Program Sekolah Penggerak ini, SMAN 1 Manggar menyelenggarakan Pelatihan Kompetensi berupa In House Training (IHT) untuk para pendidik, dengan tujuan menciptakan SDM yang unggul.

Pelatihan berlangsung selama 2 minggu, dari tanggal 18 hingga 27 Juli 2023, dan berfokus pada peningkatan kualitas guru dengan menggunakan model-model pelatihan yang terbukti efektif dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

IHT ini melibatkan beberapa pemateri yang memiliki pengalaman dalam pelatihan komite pembelajaran dari Kemendikbud, yaitu Dalifah Yunus (pengawas bina), Sabarudin (kepala sekolah), Winda Ari Anggraini (guru), dan Nesi Etikasari (guru).

Materi yang disampaikan berkaitan dengan program Sekolah Penggerak, termasuk materi orientasi dan refleksi mengenai sekolah penggerak yang disampaikan langsung oleh kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin.

Selain itu, materi lainnya mencakup pengenalan platform "Merdeka Mengajar," asesmen dan pembelajaran, serta pengenalan platform teknologi prioritas yang disampaikan oleh Winda Ari Anggraini.

BACA JUGA:Juara Umum Kedua, SMAN 1 Manggar Borong Medali Kejurda Pelajar Bangka Belitung 2023

Nesi Etikasari menyampaikan materi mengenai pemahaman tentang CP (Civitas Pelajar), ATP (Asesor Tenaga Pengajar), dan penyusunan modul ajar. Terakhir, Dalifah Yunus menyampaikan materi tentang perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Materi-materi tersebut merupakan hal-hal esensial yang harus dipahami oleh para guru SMAN 1 Manggar untuk menerapkan kurikulum merdeka pada program sekolah penggerak.

IHT ini bukan hanya menyediakan pemahaman materi, tetapi juga bertujuan untuk menyamakan persepsi guru-guru mengenai penerapan sekolah penggerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: