Budidaya Udang Vaname Sistem Millenial Shrimp Farm Mulai Dikembangkan di Belitung

 Budidaya Udang Vaname Sistem Millenial Shrimp Farm Mulai Dikembangkan di Belitung

Budidaya Udang Vaname Sistem Millenial Shrimp Farm Mulai Dikembangkan di Desa Tanjung Rusa, Kecamatan Membalong, Belitung--

BACA JUGA:Melihat Proses Pembuatan Layang-layang Tradisional di Dusun Air Pelempang Timur, Kelpin Kaya Kreatifitas

Jika tambak umumnya menelan investasi sampai Rp1 miliar untuk membuka lahan dan kebutuhan lain, model tambak sistem milenial shrimp farm cenderung menggunakan modal yang bisa ditekan. 

Memang saat ini, budidaya vaname ini, memang belum banyak dikembangkan di Belitung. Tambak vaname cenderung lebih banyak dilakukan di Belitung Timur. "Namun potensi itu ada, ini langsung menyentuh ke masyarakat, orang kita bisa jadi pemilik nanti," tandasnya.

Sementara itu, Sahani Saleh menyatakan bahwa di Belitung, nelayan tradisional masih menjadi kelompok dominan yang sangat bergantung pada unsur-unsur air, angin, dan arus.

Pada saat angin bertiup kencang, nelayan menjadi terbatas dalam aktivitas melaut dan hasil tangkapan laut pun menurun.

BACA JUGA:Pemkab Belitung Siapkan Bonus Rp 5 Miliar Atlet Berprestasi di Porprov Babel 2023

Menurut Sahani Saleh, perekonomian nelayan sangat rentan terhadap kendala-kendala, terutama ketika musim yang tidak mengizinkan mereka untuk melaut.

Akibatnya, nelayan sering kali terpaksa berhutang kepada tengkulak dan akan melunasi hutang tersebut saat mereka dapat kembali melaut di kemudian hari.

"Makanya tambak udang ini menjadi alternatif ekonomi bagi nelayan. Sehingga kehidupan nelayan secara ekonomi dapat berkesinambungan, untuk menyambung hidup," kata Bupati Belitung.

Senada disampaikan Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung Mustafrizal terkait Program TJSL pengembangan budidaya udang vaname.

BACA JUGA:DPRD Belitung Siap Godok 3 Nama Calon Penjabat Bupati

Program TJSL itu akan berkaitan langsung dengan masyarakat yakni bidang pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi. Maka, di Desa Tanjung Rusa ini salah satu kepedulian PLN di bidang peningkatan ekonomi.

"Mudah-mudahan harapan kami ini akan membantu masyarakat lingkungan sekitarnya dan akan menambah lapangan pekerjaan di Belitung," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: