Produk UMKM Belitung Tampil di Ajang Pameran ASEAN Online Sale Day 2023

Produk UMKM Belitung Tampil di Ajang Pameran ASEAN Online Sale Day 2023

Produk UMKM Belitung Tampil di boots pameran ASEAN Online Sale Day 2023-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, SEMARANG - Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung bangga tampil mengisi booth dalam peluncuran fisik ASEAN Online Sale Day (AOSD) 2023.

Kepala Bidang KUKM DKUKMPTK Kabupaten Belitung, Budi Swasta, mengatakan pameran Asean Online Sale Day berlangsung di Padma Hotel Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 19-22 Agustus 2023.

"Bisa tampil berpartisipasi dalam ajang pameran Asean Online Sale Day 2023 merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Belitung. Sebab telah dipilih oleh Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia," kata Budi Swasta kepada Belitong Ekspres, Sabtu (19/8/2023).

Belitung menjadi salah satu perwakilan kabupaten yang menampilkan produk UMKM, yang bersaing dengan produk-produk dari negara-negara ASEAN dan nasional lainnya.

BACA JUGA:Mirang Manggar Kini Diubah Jadi Kawasan Wisata Keluarga, The Yellow Cafe Ramai Dikunjungi

"Kami tentunya bersyukur Kabupaten Belitung telah dipilih untuk berpartisipasi dalam acara pemeran berskala internasional ini," ucap Budi Swasta.

Menurut Budi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung memamerkan produk-produk UMKM mereka, bersandingan dengan produk-produk dari negara-negara ASEAN dan perusahaan besar nasional.

"Kami  di sini menampilkan beberapa produk UMKM unggulan daerah Belitung yang siap diekspor dan telah lulus kurasi pada acara DWM G-20 tahun lalu. Partisipasi ini terutama melibatkan 11 UMKM yang sebelumnya telah mendaftar secara online untuk mengikuti AOSD," jelasnya.

Budi menjelaskan bahwa ASEAN Coordinating Committee on E-Commerce and Digital Economy (ACCED), sebuah badan sektoral ASEAN yang bertugas mengkoordinasikan dan menangani berbagai isu serta kebijakan terkait e-commerce, menyelenggarakan acara tahunan bernama AOSD 2023.

BACA JUGA:DPRD Belitung Siap Godok 3 Nama Calon Penjabat Bupati

Acara ini bersamaan dengan The Fifty-Fifth ASEAN Economic Ministers' Meeting And Related Meetings (55th AEM). Tujuan kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi promosi dan branding produk UMKM lokal di wilayah ASEAN, dengan harapan dapat mendorong penjualan ekspor melalui e-commerce.

"Produk-produk yang akan kami tampilkan antara lain batik bepulin, kerajinan tas dan topi ecoprint pratistaku, madu pelabo, lada Billiton spice, kricu Abel, kaos lempak, rintak ZY, Kopi kongdjie, dodol nanas, sedotan purun, sirup jeruk kunci morenji, dan pilus jaya," paparnya.

Acara peluncuran AEM Exhibition ini akan diresmikan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan. Selanjutnya, acara akan dilanjutkan dengan berbagai kegiatan, termasuk workshop/talk show, pameran produk (Product Display).

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang di GoPayPinjam Modal KTP, Cairkan Dana Limit Hingga Rp15 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: