Kunjungi Bappebti, Wakil Ketua DPRD Babel Dorong Peningkatan PAD Sektor Perdagangan Timah

Kunjungi Bappebti, Wakil Ketua DPRD Babel Dorong Peningkatan PAD Sektor Perdagangan Timah

Wakil Ketua DPRD Babel Beliadi Dorong Peningkatan PAD Sektor Perdagangan timah dengan melakukan kunjungan kerja ke Bappebti-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Wakil Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Beliadi mendorong peningkatan PAD dari sektor perdagangan timah dengan melakukan kunjungan kerja ke Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Bappebti.

Pasalnya, seiring perkembangan zaman subjek perdagangan tidak lagi terbatas pada barang fisik. Masyarakat kini diperkenalkan pasar berjangka. Di mana terdapat penawaran produk komoditas yang melibatkan barang, jasa, hak, dan kepentingan lainnya.

Komoditi tersebut dapat digunakan sebagai subjek kontrak berjangka yang dikenal dengan sebutan pasar perdagangan berjangka komoditi yang diatur oleh Kementerian Perdagangan melalui Bappebti sesuai Undang-undang Nomor 32 tahun 1997.

Dalam kunjungan itu Beliadi didampingi Plt Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didampingi Heryawandi  menyambangi Bappebti pada Selasa (05/12). Kunjungan itu diterima langsung oleh Plh Kepala Bappebti Kasman dalam rangka berkoordinasi terkait perdagangan Timah di ICDX dan JFX guna menunjang PAD Babel.

BACA JUGA:Beliadi Soroti PAD Babel Turun Rp30 Miliar, Bakuda Diminta Lebih Kreatif

Turut hadir dalam pertemuan tersebut perusahaan trading timah yaitu Indonesia Commodity and Derivatites Exchange (ICDX) yang diwakili Bambang dan Jakarta Futures Exchange (JFX) dihadiri Paulus.

Beliadi menyampaikan hasil paripurna DPRD Babel pada APBD 2024 beberapa waktu lalu mereka meminta agar eksekutif untuk mencari sumber PAD selain dari pajak kendaraan bermotor (PKB) dan pajak bahan bakar minyak (BBM) agar perekonomian Babel pada tahun-tahun kedepan dapat lebih baik lagi. 

"Jika PAD Babel hanya mengandalkan PKB dan Pajak BBM saja, maka pemerintah Provinsi Babel ke depannya bisa kolaps. Makaya hal ini harus diantisipasi mulai dari sekarang dengan mencari sumber-sumber pendapatan baru," kata Beliadi Kepada Belitong Ekspres, Rabu (6/12/2023).

Menurut Beliadi, salah satunya yang dapat dijajaki terkait pendapatan melalui perdagangan komoditi timah yang selama ini di sudah perdagangkan di ICDX dan JFX baik berupa saham ataupun atau bentuk kontribusi lainnya.

BACA JUGA:Sorot Pajak BBM dan PAP, Beliadi Terus Upayakan Peningkatan PAD Babel

Dengan begitu, hal ini akan memastikan bahwa setiap bantuan yang diberikan dapat dilacak kembali ke sumbernya. Tujuannya adalah untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak-pihak tertentu. Dengan transparansi ini, masyarakat Babel dapat mengetahui dengan jelas asal usul bantuan tersebut, sehingga memberikan dampak yang terlihat dan langsung kepada mereka.

Beliadi melanjutkan, setelah mendapat masukan dan informasi yang diberikan, ia meminta agar setiap bantuan dan kontribusi yang diberikan oleh ICDX dan JFX dapat dipublikasikan untuk diketahui masyarakat babel secara umum dan jelas.

Terkait kesulitan dalam merealisasikan pemilikan saham, Beliadi berharap bahwa Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) dapat membentuk bursa saham sendiri melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Dengan diadakannya pertemuan ini, Beliadi berharap ICDX dan JFX dapat secara terbuka mempublikasikan semua kontribusi dan bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat Babel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: