Dispora Belitung Siap Laksanakan Belitong Geopark Run 2023

Dispora Belitung Siap Laksanakan Belitong Geopark Run 2023

Sekretaris Dispora Belitung, Achmad Ridwan--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Belitung memastikan siap melaksanakan Belitong Geopark Run Tahun 2023, Minggu (10/12/2023).

Bahkan, pihak panitia Dispora Belitung sudah membuka pendaftaran peserta hingga gelombang ke empat yakni sementara berjumlah sekitar 1.800 peserta.

Belitong Geopark Run 2023 mengusung tema Lets Run and Discover The Beauty of Belitong ini akan mengambil lokasi start dan finish di Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk.

Sekretaris Dispora Belitung, Achmad Ridwan mengatakan, Belitong Geopark Run Tahun 2023 memperlombakan beberapa kategori. Antara lain kategori pelajar lari 5 Kilometer untuk putra dan putri dan kategori umum lari 10 Kilometer untuk putra dan putri serta lari 21 Kilometer untuk putra dan putri. 

"Jadi dalam rangka mengenalkan geosite yang ada di Belitung ini dan agar nama Belitung lebih dikenal dan peserta akan memperebutkan hadiah total Rp 100 juta," kata Achmad Ridwan kepada Belitong Ekspres, Kamis (7/12/2023). 

Menurut Achmad Ridwan, pendaftaran peserta masih terbuka hingga Jumat (8/12/2023). Ia juga berharap peserta bisa mencapai 2000 orang untuk semua kategori baik 5 kilometer, 10 dan 21 kilometer.

BACA JUGA:Belitong Geopark Run 2023 Perebutkan Total Hadiah Rp 100 Juta, Ini Link Pendaftaran

"Itu batas maksimal untuk pengaturan agar tidak terkendala di lapangan nanti," sebut Aan sapaan karib Achmad Ridwan.

Aan menerangkan, untuk lokasi dan rute telah disiapkan oleh panitia yakni untuk 5 kilometer mulai dari Tanjung Kelayang menuju Jalan Telok hingga ke Jalan Tanjung Kelayang.

Kemudian, menuju k Tugu Tanjung Kelayang terus menuju RM Batu Banyak turun ke pantai hingga RM Garuda dan finis kembali ke Pendopo Tanjung Kelayang.

Untuk 10 kilometer, peserta star di Tanjung Kelayang menuju jalan Telok hingga jalan Tanjung Kelayang menuju jembatan sebelum hotel Lor In lalu turun ke pesisir pantai lalu di RM Batu Banyak naik ke jalan raya menuju arah finis Pendopo Tanjung Kelayang.

Sedangkan, 21 kilometer star sama menuju hotel Lor In, lalu belok kanan ke arah Black Roks menuju tanjakan Tanjung Tinggi lalu menuju batu di Laskar Pelangi terus masuk pesisi pantai melawati Tentang Kopi hingga jembatan Lor In naik ke jalan, namun kembali ke bibir pantai hingga RM Batu Banyak lalu ke jalan raya menuju finish.

"Peserta saat ini mulai pengambilan nomor dada untuk semua kategori dan itu berbeda warna setiap kategori, bahkan peserta dari luar sudah mengambil nomor," terang Aan.

Kemudian, Aan menerangkan, lomba marathon itu dijadwalkan dibuka langsung oleh Bupati Belitung H. Sahani Saleh beserta jajarannya. Selain itu, mereka juga mengundang Pj Gubernur Bangka Belitung dan lain-lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: