Kasus DBD di Belitung 2023 Naik 163 Persen, Terbaru Anak Usia 6 Tahun Meninggal, RSUD Tambah Bed Pasien

Kasus DBD di Belitung 2023 Naik 163 Persen, Terbaru Anak Usia 6 Tahun Meninggal, RSUD Tambah Bed Pasien

Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung dr Ratih Lestari Utami MMR --

Dari hasil penyelidikan tersebut, apabila ditemukan ada 3 orang yang mengalami gejala demam dan angka pertumbuhan jentik di atas 5 persen, maka dilakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

BACA JUGA:Kemenag Belitung Pastikan Stok Buku Nikah Cukup Hingga Pertengahan 2024

BACA JUGA:Selain Molor, Pembangunan Food Court Belitung Ternyata Belum Kantongi Izin PBG

"Meskipun Pemberantasan Sarang Nyamuk ada atau tidak ada jentik sebagai langkah antisipatif, maka harus dilaksanakan PSN," tandas Dian Farida. 

RSUD Tambah Bed Pasien DBD

RSUD H Marsidi Judono kini terus menambah bed untuk melayani pasien kasus DBD di Belitung. Sebab pasien DBD di RSUD Marsidi Judono Belitung, meningkat drastis.

Berdasarkan data DBD, mulai Oktober 2023 berjumlah 43 orang dan November 2023 naik mencapai 79 orang, dan  hingga Senin 18 Desember 2023 mencapai 83 kasus DBD yang dirawat di RSUD.

Direktur RSUD Marsidi Judono dr Ratih Lestari Utami MMR mengatakan, kasus DBD hingga saat ini memang mengalami peningkatan dari bulan ke bulan dibandingkan trimester sebelumnya.

"Memang pada bulan-bulan ini musim penghujan dan itu berpotensi kasus DBD meningkat," kata dr Ratih dalam RDP di DPRD Belitung.

BACA JUGA:DPRD Belitung Susun Raperda Inovasi Inisiatif Pertama di Indonesia

BACA JUGA: Ketua Baznas Belitung: Zakat Bisa Kurangi Bayar Pajak PPh 21

Menurut dr Ratih, kasus DBD yang ditangani RSUD sebanyak 70 persen itu adalah pasien anak-anak atau kurang dari 18 tahun.

RSUD terfokus pada kuratif dan rehabilitatif serta promotif, preventif kalaupun itu juga sudah dilakukan oleh Puskesmas seperti edukasi, promosi serta sosialisasi kepada pasien-pasien.

Dokter Ratih menyebutkan, mereka saat ini kesulitan dalam menangani pasien kasus DBD dan kasus lainya, karena sehubungan dengan kapasitas ruang perawatan di RSUD.

Menambah ekstra bed secara keseluruhan dari 150 menjadi 166 bed. Namun tidak semua tempat tidur bisa terpakai ada kekhususan atau kondisi tertentu yang tidak bisa dititipkan pasien dengan kasus DBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: