Ingin Kuliah Gratis? Ini Dia 4 Cara Mendaftar Beasiswa KIP Kuliah 2024!

Ingin Kuliah Gratis? Ini Dia 4 Cara Mendaftar Beasiswa KIP Kuliah 2024!

Ilustrasi: Cara Mendaftar Beasiswa KIP Kuliah 2024!--freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Kamu punya cita-cita kuliah di perguruan tinggi tapi terhalang masalah biaya? Jangan khawatir, ada solusinya. Kamu bisa mengikuti program beasiswa KIP Kuliah 2024 yang ditawarkan oleh pemerintah.

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah adalah program bantuan biaya pendidikan untuk siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. 

Program KIP Kuliah ini diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo sebagai upaya meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

Oleh karena itu, jika kamu ingin kuliah tapi terhalang oleh masalah ekonomi, maka beasiswa KIP Kuliah bisa menjadi solusi untuk mewujudkan impianmu.

BACA JUGA:Ayo! Raih Pendidikan yang Lebih Tinggi, Ini 11 Jenis Beasiswa Bagi Pelajar dan Mahasiswa Tahun 2024

BACA JUGA:Kemendikbudristek Kembali Buka Beasiswa Unggulan 2024, Ayo Mahasiswa Segera Daftar

Namun, sebelum mendaftar beasiswa ini, kamu harus memastikan bahwa kamu memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh pemerintah.

Syarat-syarat pendaftaran KIP Kuliah tersebut bisa kamu lihat di laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Kabarnya pendaftaran akan dibuka pada 14 Februari mendatang.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui proses pendaftaran beasiswa KIP Kuliah yang terdiri dari 4 langkah, yaitu:

  • Daftar akun di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan email dan nomor telepon yang aktif.
  • Isi formulir pendaftaran dengan data diri, data keluarga, data sekolah, dan data perguruan tinggi yang dituju. Pastikan data yang kamu masukkan valid dan sesuai dengan dokumen yang dimiliki.
  • Unggah dokumen pendukung, seperti KTP, KK, Ijazah, SKHUN, dan surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau surat keterangan penghasilan orang tua. Dokumen-dokumen tersebut harus berformat PDF atau JPG dengan ukuran maksimal 2 MB per dokumen.
  • Tunggu hasil verifikasi dan seleksi dari pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Jika lolos, kamu akan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang berisi informasi tentang besaran bantuan, jenis bantuan, dan perguruan tinggi yang diterima.

BACA JUGA:Sinar Mas Buka Beasiswa Bagi Lulusan SMA/SMK, Cek Persyaratan dan Jadwal Lengkap

BACA JUGA:Mau Kuliah Gratis di STKIP Pasundan, KONI Beltim Buka 40 Kuota Beasiswa

Dengan beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan biaya kuliah dan biaya hidup selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Langkah selanjutnya sebagai berikut:

Membuat Akun KIP Kuliah

Langkah pertama adalah membuat akun KIP Kuliah. Pastikan data yang kamu masukkan seperti NIK, NISN, NPSN, dan email valid. Jika ada data yang tidak valid, proses pembuatan akun akan gagal dan kamu harus memperbaiki data tersebut di Dapodik atau melalui sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber