Imlek 2024, Ini Beberapa Shio Kurang Beruntung di Tahun Naga Kayu

Imlek 2024, Ini Beberapa Shio Kurang Beruntung di Tahun Naga Kayu

Ilustrasi Tahun Naga Kayu.--Freepik

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Masyarakat Tionghoa akan merayakan Tahun Baru Imlek pada 10 Februari 2024 yang jatuh pada hari Sabtu. Mereka biasanya mendekorasi rumah dengan benda berwarna merah karena warna merah dapat membawa keberuntungan dan mengusir roh jahat.

Tanggal tahun baru Imlek selalu berubah setiap tahunnya. Namun, selalu jatuh antara tanggal 21 Januari hingga 20 Februari, dan biasanya jatuh pada hari kedua setelah titik balik matahari di musim dingin. 

Dasar penetapan Tahun Baru Imlek adalah kalender Lunar yang didasarkan pada siklus bulan dan matahari.

Tahun Baru Imlek 2024 akan menjadi Tahun Naga Kayu. Naga merupakan lambang kehormatan, ketangguhan, serta keberuntungan dalam budaya Tionghoa, dimana naga menjadi makhluk yang paling luar biasa dan sangat membawa keberuntungan.

BACA JUGA:Tahun Baru Imlek 2024, Ini Shio yang Hoki dan Kurang Hoki di Tahun Naga Kayu

Meski tahun ini merupakan tahun naga kayu, shio naga diprediksi kurang beruntung, serupa dengan tikus, kerbau, kuda, dan kambing. Sedangkan, shio beruntung adalah monyet, ayam, dan babi, kemudian diikuti oleh harimau, kelinci, ular, monyet, ayam, dan anjing.

Tradisi menyambut tahun baru Imlek sangat bervariasi, seiring dengan momen yang selalu satu tema yaitu meninggalkan tahun lama dan menyambut keberuntungan serta kemakmuran di tahun baru. 

eberapa tradisi berikut sering dilakukan, seperti membersihkan dan mendekorasi rumah dengan benda merah, mempersembahkan kurban kepada leluhur, menikmati makan malam keluarga di malam tahun baru Imlek, penukaran amplop merah atau angpao dan hadiah, menyalakan petasan dan kembang api, dan menonton tarian singa dan naga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber