Inovasi Kampung Galaksi, Ajang Dakwah Kekinian SMAN 1 Manggar di Bulan Ramadan

Inovasi Kampung Galaksi, Ajang Dakwah Kekinian SMAN 1 Manggar di Bulan Ramadan

Kampung Galaksi sebagai ajang dakwah kekinian SMAN 1 Manggar di Bulan Ramadan 2024-ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Inovasi dan kreativitas selalu dilakukan oleh SMAN 1 Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Dalam menyambut bulan Ramadan, sekolah dan tagline totalitas kunci kualitas ini kembali melakukan inovasi "Kampung Galaksi".

”Kampung Galaksi” adalah program Ekstrakulikuler Broadcastteam yang dluncurkan sebagai ajang dakwah kekinian SMAN 1 Manggar pada bulan suci Ramadan 2024 ini. Program ini berisikan sketsa-sketsa tentang kehidupan sehari-hari yang sering terjadi di bulan suci.

Sketsa-sketsa dengan durasi maksimal lima menit tersebut direncanakan akan tayang setiap pukul 18.00 WIB saat buka puasa di channel Youtube SMA Negeri 1 Manggar. Kampung Galaksi sendiri menceritakan kehidupan 7 tokoh yang memiliki nama-nama unik.

Mereka adalah adalah Putri Alea Zulfa sebagai Uut Neptunus, Rifania Aufadira sebagai Ninik Merkurius, Annaura Marfirsta sebagai Ita Saturnus, Syahrani Aprilia sebagai Aap Venus, Naura Safwah sebagai Yuyun Uranus, Revi Amalia sebagai Menik Mars, dan Refal Afandi sebagai Andi Jupiter.

BACA JUGA:Kerja Sama SMAN 1 Manggar: SMAN 1 Kelapa Kampit dan SMPN 4 Kelapa Kampit Tingkatkan Literasi & Kapasitas OSIS

Ketujuh pemeran tersebut memiliki karakter berbeda yang membuat suasa di Kampung Galaksi semakin menari. Diproduseri langsung oleh Kepala SMAN 1 Manggar Sabarudin dan pembina Broadcastteam, Muhendy, acara ini sangat layak dijadikan tontonan menjelang buka puasa. Karena bukan hanya sketsa, tapi juga memuat nilai dakwah. 


--

Tidak tanggung-tanggung, Kampung Galaksi SMAN 1 Manggar dilaunching langsung oleh Bupati Beltim Burhanudin yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Dedi Wahyudi.

”Saya menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Beltim yang belum dapat hadir dalam kegiatan ini. Kami pemerintah daerah memandang penting untuk mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan kedalam kurikulum pembelajaran," ucapnya.

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Sisihkan 600 Tim dari 32 Negara, Raih Prestasi Membanggakan di Ajang ISIF 2023

Dengan demikian, nantinya siswa dapat memahami dan menghargai ajaran agama secara mendalam serta menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

"Oleh karenanya pemerintah daerah Kabupaten Beltim senantiasa mendukung setiap kegiatan yang bersifat positif dan bermanfaat bagi peserta didik," kata Dedi Wahyudi.

Lebih lanjut dikatakannya, salah satu hal yang mendukung hal itu adalah program ramadan yaitu seperti peluncuran inovasi Kampung Galaksi SMAN 1 Manggar tersebut.

Menurut Dedi Wahyudi, program ini adalah wadah untuk meningkatkan iman dan taqwa, pengembangan kreativitas peserta didik, dan sarana syiar ramadhan yang dapat menjangkau kalangan remaja yang lebih luas secara daring ataupun luring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar