Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa, Nomor 5 Pilihan Populer

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa, Nomor 5 Pilihan Populer

Kolase: Jenis makanan yang harus dihindari saat sahur dan berbuka puasa--Freepik

Jika perut yang kosong diisi pertama kali dengan makanan berlemak, maka sistem pencernaan harus bekerja ekstra keras, yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Ketidaknyamanan ini bisa saja menghambat aktivitas sehari-hari Anda. Lebih lanjut, konsumsi lemak dan gula yang berlebihan berisiko meningkatkan berat badan dan berpotensi merugikan kesehatan.

BACA JUGA:Ampuh Turunkan Kadar Kreatinin, Ini 6 Sayuran yang Aman untuk Penderita Sakit Ginjal

BACA JUGA:Waspada Efek Samping Minyak Zaitun: Tips Aman untuk Penggunaan Kulit Wajah

4. Hindari Makanan Siap Saji

Makanan siap saji memang praktis untuk dinikmati saat berbuka puasa, khususnya bagi Anda yang tengah disibukkan dengan pekerjaan.

Namun, perlu diingat bahwa makanan siap saji sebaiknya dihindari selama berpuasa. Alasannya adalah karena makanan jenis ini sering kali mengandung aditif kimia yang berpotensi merugikan kesehatan.

Konsumsi rutin makanan siap saji selama berpuasa dapat menyebabkan penumpukan zat kimia dalam tubuh. Hal ini berisiko menginterferensi dengan hormon tubuh dan berpotensi membahayakan kesehatan Anda di masa depan.

5. Mi Instan Selama Sahur

Mi instan merupakan pilihan populer bagi banyak orang saat sahur karena praktis dan cepat disajikan. Terutama bagi mereka yang tinggal sendiri, mi instan sering menjadi andalan saat sahur. Namun, sebaiknya konsumsi mi instan ini dibatasi. 

BACA JUGA:Menjalankan Puasa dengan Sehat dan Nyaman, Simak Tips Berikut

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan di Usia 50 Tahun ke Atas, Pilih Olahraga yang Aman

Meskipun praktis, mi instan tidak menyediakan nutrisi yang cukup untuk menunjang aktivitas selama berpuasa, yang bisa mencapai hampir 12 jam. 

Kekurangan vitamin, mineral, dan protein yang dibutuhkan tubuh dapat membuat Anda merasa lapar lebih cepat. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan sahur yang lebih bergizi untuk mendukung puasa Anda.

Demikianlah 5 jenis makanan yang sebaiknya harus Anda hindari saat sahur dan herbuka puasa selama bulan Suci Ramadan beserta alasannya. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber