5 Provinsi Paling Kaya di Sumatera Berdasarkan PDRB, Nomor 1 Dengan Pesona Wisata Bahari

5 Provinsi Paling Kaya di Sumatera Berdasarkan PDRB, Nomor 1 Dengan Pesona Wisata Bahari

Kepulauan Anambas yang terkenal dengan wisata baharinya memiliki pendapatan per kapita mencapai Rp342 juta, menjadikan Kepulauan Riau Provinsi terkaya di Sumatera--reddoorz.com

Di posisi kedua provinsi paling kaya di Sumatera , ada Riau yang terkenal dengan sawitnya yang subur. Pendapatan per kapita di sini juga nggak kalah, loh, dengan lebih dari Rp129 juta per tahun.

Dengan populasi sekitar 4,5 juta, tingkat kemiskinan di Riau cuma 6,78 persen. Bengkalis jadi bintang dengan pendapatan per kapita Rp243 juta, sementara Rokan Hulu di posisi bawah.

3. Provinsi Jambi

Jambi, yang terkenal dengan hutan dan harimaunya, menduduki posisi ketiga provinsi terkaya di Sumatera dengan pendapatan per kapita lebih dari Rp65 juta. Dengan populasi lebih dari 3 juta, angka kemiskinan di sini juga rendah, hanya 7,62 persen.

4. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bangka Belitung (Babel), yang lahir dari pemekaran Sumatera Selatan, menempati posisi keempat provinsi terkaya di Sumatera. Meski masih muda, provinsi ini sudah berpendapatan per kapita lebih dari Rp58 juta.

BACA JUGA:Berikut Ini 5 Kabupaten Terkaya di Indonesia, Nomor 2 dan 3 Bikin Kaget

BACA JUGA:Didominasi Pariwisata, 5 Desa Ini Terkaya di Indonesia, PADes Capai Rp50 Miliar

Bangka Barat jadi yang tertinggi dengan Rp74 juta, dan Bangka Tengah yang terendah dengan Rp46 juta. Kemiskinan? Hanya 4,45 persen saja.

5. Provinsi Sumatera Utara

Terakhir, ada Sumatera Utara yang walaupun punya penduduk terbanyak di Indonesia, tetap bisa masuk lima besar dengan pendapatan per kapita lebih dari Rp57 juta. Tingkat kemiskinannya juga masih di bawah rata-rata nasional.

Itu dia 5 provinsi yang paling ‘tajir’ atau terkaya di Sumatera. Tapi, jangan lupa, masih ada lima provinsi lain dengan PDRB yang juga patut diacungi jempol, seperti Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Lampung, Bengkulu, dan Aceh. K

Kekayaan provinsi-provinsi Pulau Sumatera ini bukan hanya soal uang, tapi juga kekayaan alam dan budayanya yang membuat kita semua kagum. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: babel pos