Jangan Anggap Remeh Mata Merah dan Sensasi Pasir? Yuk, Kenali Penyebab dan Solusinya!

Jangan Anggap Remeh Mata Merah dan Sensasi Pasir? Yuk, Kenali Penyebab dan Solusinya!

Jangan Anggap Remeh Mata Merah dan Sensasi Pasir? --siloam hospitals

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Mata merah dan terasa seperti ada pasir? Mungkin itu pertanda dry eye atau mata kering.

Jangan anggap remeh pertanda dry eye, yuk kita kenali lebih dalam masalah yang sering bikin mata nggak nyaman ini!

Apa Itu Dry Eye?

Dry eye adalah kondisi di mana air mata tidak cukup untuk menjaga permukaan mata tetap lembap. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Seperti mulai dari terlalu lama menatap layar gadget, polusi, hingga kondisi medis tertentu. Kalau dibiarkan, bisa menyebabkan peradangan dan bahkan kerusakan permanen pada mata!

BACA JUGA:5 Cara Efektif Mengatasi Mata Buram Secara Alami, Nomor 1 Gampang Banget!

BACA JUGA:Simak! Tips dan Cara Efektif Menghilangkan Kantung Mata

Gejala yang Perlu Diwaspadai

Mata kering seringkali muncul dengan gejala seperti mata terasa kering, merah, gatal, berair, dan ada sensasi seperti pasir di mata. Kalau kalian atau anak-anak mulai sering merasakan gejala-gejala ini, segera konsultasikan ke dokter mata.

Gadget dan Mata Kering

Era digital memang membuat kita nggak bisa lepas dari gadget. Tapi, tahukah kalian kalau screen time yang berlebihan bisa memicu dry eye, terutama pada anak-anak?

Anak-anak yang terlalu sering menatap layar bisa mengalami penurunan produksi air mata, yang membuat mata mereka kering dan tidak nyaman.

Tips Mencegah Mata Kering

  • Batasi Screen Time: Anak di bawah 1 tahun sebaiknya tidak menatap layar. Anak usia 1-3 tahun maksimal 1 jam per hari, dan anak usia 3-6 tahun maksimal 1 jam sehari. Untuk anak usia sekolah, maksimal 2 jam per hari.
  • Gunakan Kacamata Pelindung: Saat berada di luar rumah, terutama saat berangin atau berdebu, gunakan kacamata untuk melindungi mata dari iritasi.
  • Atur Pencahayaan: Pastikan pencahayaan ruangan cukup terang saat menggunakan gadget atau membaca. Pencahayaan yang baik bisa mengurangi ketegangan mata.
  • Istirahatkan Mata: Terapkan aturan 20-20-20: setiap 20 menit, alihkan pandangan dari layar selama 20 detik, dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter).

BACA JUGA:Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam dan Besar, Nomor 4 Mudah Banget

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: