MUI Belitung Ajak Umat Islam Saling Hormati Perbedaan Hari Raya Idul Adha 2022

MUI Belitung Ajak Umat Islam Saling Hormati Perbedaan Hari Raya Idul Adha 2022

Sekretaris MUI Belitung Ramansyah umat Islam saling hormati perbedaan waktu Hari Raya Idul Adha 2022-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Belitung ajak umat Islam di Belitung saling menghormati perbedaan waktu pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 2022.

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan 1 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Maka dari itu, Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada Ahad, 10 Juli 2022. 

"Kita sama-sama mengetahui, dalam kenyataannya ada perbedaan dalam kita menyikapi (menentukan) Hari Raya Idul Adha. Saudara kita dari Muhammadiyah jatuh pada 9 Juli 2022," kata Sekretaris MUI Belitung Ramansyah kepada Belitong Ekspres.

Menurut Ramansyah, perbedaan penetapan waktu Idul Adha seperti ini adalah sesuatu yang biasa terjadi. Jangan sampai perbedaan itu menjadikan umat Islam terpecah-belah dan tidak saling menghormati. Hendaknya umat Islam saling menghormati perbedaan itu.

BACA JUGA:Smart Room City Diskominfo Pangkalpinang Segera Diluncurkan, Inovasi Layanan Publik Berbasis Teknologi

BACA JUGA:Idul Adha 2022 Jatuh Pada Hari Minggu, Kemenag Belitung: Salat Id Tetap Prokes

"Perbedaan waktu itu kita sikapi denga sejuk, karena mereka punya dalil dan alasan yang kuat untuk menentukan pelaksanaan Idul Adha 2022," jelasnya.

Ia menjelaskan, perbedaan itu ada karena adanya wujudul hilal dan rukyatul hilal, yang keduanya menggunakan hisab tapi tergantung kepada ketinggian dari hisab itu masing-masing.

"Jadi kita hormati perbedaan itu, baik NU maupun Muhammadiyah, jadi saling menghormati," sebut Ramansyah.

BACA JUGA:Rekrutmen CPNS di Babel 2022 Ditiadakan, Hanya PPPK dan CPNS Sekolah Kedinasan

BACA JUGA:3 Hari 3 Kecelakaan di Belitung, 2 Nyawa Melayang, Iptu Tommy: Penyebabnya Human Error

Ramansyah kembali mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Agama akan melaksanakan Idul Adha pada Minggu (10/07) mendatang.

Terjadi perbedaan pendapat soal waktu Idul Adha, artinya jika terjadi perbedaan pendapat ahli hisab. "Maka putusan pemerintah melalui Kementerian Agama RI yang semestinya kita jalankan," katanya.

Akan tetapi, lanjut dia, pemerintah pun tidak melarang bagi umat Islam yang akan melaksanakan Idul Adha pada hari Sabtu 9 Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: