Kelompok Tani Prabu M70 Mulai Tanam Sorgum, Uji Coba Pangan Pengganti Nasi

Kelompok Tani Prabu M70 Mulai Tanam Sorgum, Uji Coba Pangan Pengganti Nasi

Benih Sorgum mulai ditanam di atas lahan seluas 20 hektar yang berlokasi di HTI PT ISLM Simpang Pesak, Jum'at (26/8)--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, SIMPANG PESAK - Kelompok Tani Prabu M70 di Kecamatan SIMPANG PESAK, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), mulai tanam benih Sorgum.

Benih Sorgum ditanam di atas lahan seluas 20 hektar yang berlokasi di Hutan Tanam Industri (HTI) PT ISLM Kecamatan Simpang Pesak, Jum'at (26/8).

Penanaman bibit Sorgum sebagai uji coba pengembangan pangan pengganti nasi di bawah pengawasan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Beltim.

Pengembangan pangan pengganti nasi tersebut merupakan kerja sama PT MMS, PT ISLM, Pemkab Beltim dan Kelompok Tani Prabu M70.

BACA JUGA:Pegawai Pria DPMPTSPP Beltim Unjuk Kerampilan Memasak, Meriahkan HUT ke-77 RI

BACA JUGA:Eks TPA Desa Dukong Lokasi Pelantikan 14 Kades Terpilih, Bupati Belitung Ingin Suasana Berbeda

Perwakilan PT MMS Fitria Lindawati mengatakan, penamaan Sorgum ini menjadi alternatif untuk menghadapi krisis pangan.

"Pasca pandemi kita terus berupaya untuk bangkit dan pulih, khususnya sektor ekonomi. Perlahan tapi pasti melalui program kita sama-sama berikhtiar untuk terus bangkit meningkatkan ekonomi," ujar Fitria kepada Belitong Ekspres.

Sorgum memiliki manfaat yang lebih baik daripada tepung terigu dan nasi. Sebab, gluten free serta memiliki angka glikemik index yang rendah. 

Tidak hanya itu, selain pangan yang tinggi akan protein, batang Sorgum ini pun memiliki serat gula yang lebih tinggi dari tebu. 

BACA JUGA:Rencana Pelantikan Kades Terpilih di Eks TPA Dukong Bikin Heboh, APDESI Belitung Bersuara

BACA JUGA:Sepanjang Tahun 2022 BNNK Belitung Canangkan 2 Desa Bersinar

"Untuk itu mari kita bersama-sama kembali ke produk lokal, kembali bertani untuk memberdayakan potensi pertanian yang kita miliki," ajak Fitria.

Sementara itu, Humas PT ISLM Kabupaten Beltim Afrizal Ramadhan menyampaikan untuk bibit Sorgum ini berasal dari Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: