Bupati Belitung Lantik 14 Kades Terpilih, Sanem Ingatkan Masalah Sampah

Bupati Belitung Lantik 14 Kades Terpilih, Sanem Ingatkan Masalah Sampah

Bupati Belitung, H Sahani Saleh saat melantik 14 Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2022-2028, Selasa (30/8) kemarin--

BELITONGEKSPES.CO.ID,  TANJUNGPANDAN - Bupati Belitung, H Sahani Saleh resmi melantik 14 Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2022-2028 hasil Pilkades Serentak Tahun 2022.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan 14 Kades dilakukan di Gedung Serbaguna Pemerintah kabupaten (Pemkab) Belitung, Selasa (30/8) kemarin.

Atas nama Pemkab Belitung, Sahani Saleh mengucapkan terima kasih seluruh tim panitia Pilkades Serentak tahun 2022. Mulai dari tingkat desa sampai kabupaten yang telah bekerja keras dan berpartisipasi aktif, sehingga berjalan baik dan lancar.

"Tentunya dengan telah dilantik saudara-saudara, tanggung jawab yang besar sudah menanti, bagaimana nanti kedepannya, saudara bisa membawa desa untuk lebih maju bahkan mandiri, melaksanakan tertib administrasi sesuai aturan berlaku," kata Sahani Saleh.

BACA JUGA:Ditreskrimsus Polda Babel Tangkap Warga Tanjungpandan, Amankan 18 Jerigen BBM Solar Subsidi

Menurut Bupati, para Kades juga harus dapat mendukung program-program pelayanan kesehatan, pendidikan, administrasi kependudukan. Serta dapat memberikan kesempatan dan menggerakan pemuda-pemudi untuk ikut andil berpartisipasi membangun desa.

Selain itu, Bupati Belitung ingatkan Kades tentang masalah sampah. Ia berharap kepala desa yang baru dilantik mampu menyelesaikan masalah sampah tersebut.

Maka di desa Kabupaten harus ada lembaga atau komunitas khusus menangani soal sampah. Apalagi saat ini permasalah sampah sudah menjadi perhatian dunia.

"Sampah saat ini bisa menjadi ekonomi. Sampah plastik kini sudah ada pembelinya dan lebih jauh sudah tersedia pabrik pengolahan," ujar Bupati yang akrab disapa Sanem.

BACA JUGA:Pemerintah Siapkan Bansos Rp 24,17 Triliun untuk Kenaikan Harga BBM

BACA JUGA:Angka Pernikahan Dini Tinggi, Ketua DPRD Beltim Minta Pemda Sosialisasi Kembali

Kemudian Sanem berharap pengelolaan keuangan desa juga agar kepala desa mampu dengan bijak pengelolaan. Sebab semuanya sudah ada aturan, tinggal bagaimana mengelolah keuangan saja.

“Presiden juga sudah sering berpidato agar hati-hati dalam melakukan keuangan desa. Saya juga tidak toleransi kalau urusan keuangan, jika benar hal itu terjadi tetap kita proses hukum," tandasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya juga menyampaikan kepada para kades yang baru dilantik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: