Dari Belitung Menuju Jawa, SMAN 1 Manggar Studi Tur Buka Wawasan Siswa

Dari Belitung Menuju Jawa, SMAN 1 Manggar Studi  Tur Buka Wawasan Siswa

Foto bersama rombongan program Studi Tur SMA se-Provinsi Babel di Fakuktas Kedokteran UI Jakarta.-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dari Belitung Timur (Beltim) menuju tanah Jawa, SMAN 1 Manggar Studi Tur membuka wawasan dan motivasi siswa dengan aksi nyata. Mengubah motivasi menjadi aksi nyata merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh SMAN 1 Manggar Kabupaten Beltim

Sekolah ini bahkan menjadi insiator dalam program Studi Tur SMA se-Provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel) menuju tanah Jawa tersebut. Tercatat ada enam sekolah yang tergabung yaitu SMAN 1 Manggar, SMAN 1 Kelapa Kampit, SMAN 1 Simpang Pesak, SMAN 2 Tanjungpandan, SMAN 1 Lepar Pongok, dan SMAN 1 Payung. 

Keenam sekolah tersebut berangkat dari hari Senin (26/9) dan berakhir Minggu (2/10). Mengangkat tema “From Belitung to Java, When Motivation Meet Action”, program ini diikuti oleh 145 orang peserta yang 80 lebih di antaranya berasal dari SMAN 1 Manggar. 

Tidak hanya siswa, program ini juga diikuti oleh perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel , pengawas, kepala sekolah, dan guru pendamping. Program yang berlangsung selama satu minggu tersebut benar-benar memberikan pengalaman yang  luar biasa bagi para peserta. 

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Gelar IHT, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Penting untuk Kurikulum Merdeka

Rombongan siswa SMA se-Babel diajak untuk belajar dan mengenal lebih jauh mengenai universitas-universitas terbaik di Indonesia. Sebut saja Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, serta Universitas Gadjah Mada. 

Mereka juga berkesempatan untuk berkunjung ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI), serta belajar ke salah satu sekolah terbaik di Yogyakarta, SMAN 5 Yogyakarta. Kunjungan yang dilakukan tersebut juga bukan kunjungan biasa. 

Para siswa disambut dengan hangat di seluruh tempat yang dikunjungi. Sebut saja kunjungan ke DPR RI, rombongan disambut khusus oleh anggota DPR Dapil Babel, Rudianto Tjen. Ia pun sangat mengapresiasi kunjungan ini sebagai bentuk pemberian pengalaman langsung kepada siswa.  

Tidak hanya itu, Rudianto Tjen juga memberikan souvernir berupa jaket bertuliskan DPR-RI. Kunjungan ke DPR tersebut juga terasa sangat istimewa karena seluruh peserta tour dapat masuk kedalam Gedung Nusantara 1, dimana sidang paripurna DPR biasa dilakukan.  

BACA JUGA:Kiprah Siswa SMAN 1 Manggar Makin Bersinar di OSN Babel, Indra dan Daffa Raih Medali Emas

Agenda kunjungan ke beberapa universitas juga mendapatkan sambutan yang luar biasa. Sebut saja kunjungan ke Universitas Indonesia langsung disambut oleh ketua Humas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 

Peserta juga diberikan kesempatan untuk berkunjung ke Indonesia Museum of Health and Medicine (iMuseum) yang berada di Fakultas Kedokteran UI Salemba tersebut. Kemudian, agenda ke Intitut Pertanian Bogor juga tidak kalah mengesankan. 

Rombongan disambut oleh para ketua jurusan di Fakultas Pertanian IPB. Mereka menjelaskan secara detail mengenai semua program studi, pembiayaan, cara masuk, dan keunggulan yang dimiliki oleh setiap prodi.

Keistimewaan juga ditunjukkan oleh FPIPS UPI Bandung, terutama jurusan PPKN. Di mana rombongan disambut oleh program studi PPKN dan beberapa guru besar di prodi PPKN tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar