Bazar Belitung Kreatif 1 2022 Catatkan Transaksi Rp 800 Juta, Pengujung Capai 15 Ribu

Bazar Belitung Kreatif 1 2022 Catatkan Transaksi Rp 800 Juta, Pengujung Capai 15 Ribu

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Annyta--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung mencatat transaksi selama Bazar Belitung Kreatif 1 Tahun 2022 mencapai Rp 800 juta. Selain itu, juga jumlah pengunjung pantai wisata Tanjungpendam meningkat mencapai 15 ribu orang selama 5 hari bazar. 

"Sedangkan jika tidak ada bazar biasanya pengunjung hanya berjumlah 1.000 orang. Dalam waktu 5 hari itu transaksi di bazar itu mencapai 800 juta lebih," kata Kepala Dinas Pariwisata Belitung Annyta kepada Belitong Ekspres, Senin (14/11) kemarin.

Menurut Annyta, jumlah pengunjung kawasan wisata Pantai Tanjungpendam selama pelaksanaan Bazar Belitung Kreatif I 2022 mengalami peningkatan. Peningkatan pengunjung Mulai Rabu (09/11) hingga Minggu (13/11) mencapai 15 ribu orang.

"Peningkatan menjadi 2.000 hingga 3.000 per orang, sedangkan biasanya hanya 1.000 pengunjung. Jadi dari pemasukan retribusi masuknya juga banyak, dan jadi keliatannya peningkatannya," jelas Annyta.

BACA JUGA:Bitet Tiga Bulan Jadi Kurir Sabu di Belitung, Ditangkap Polisi di Jalan Kamboja

BACA JUGA:Bazar Belitung Kreatif 1 2022 Dibuka, Wabup Berharap Ekonomi Mikro Berputar

Annyta mengatakan, transaksi dan perputaran ekonomi selama berlangsungnya pelaksanaan Bazar Belitung Kreatif I 2022 itu sangat berdampak bagi pelaku ekraf dan pariwisata serta UMKM di Kabupaten Belitung.

"Transaksi dicatatkan dari 150 stand bazar Belitung Kreatif 1 tahun 2022. Terdiri dari subsektor kuliner sebanyak 126 stan dan subsektor non-kuliner 24 stan dan pedagang dengan kendaraan motor," paparnya.

Lanjut Annyta, memang pelaksanaan Bazar Belitung Kreatif I ini tujuannya adalah untuk memberikan stimulus dan membangkitkan kembali kondisi ekonomi pelaku UMKM di Belitung setelah pandemi Covid-19.

"Bazar Belitung Kreatif I diharapkan dapat mengakomodir pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata untuk kembali bersemangat dan menjual produknya demi kemajuan perekonomian di Belitung," terangnya.

BACA JUGA:KPU Beltim Buka Lowongan PPK dan PPS, Cek Cara Pendaftaran dan Honorarium

BACA JUGA:Faktor Ekonomi, Pasutri Nekat Mencuri di 7 Lokasi Pulau Belitung

Ia menambahkan, dampak lain dari bazar itu akan berkelanjutan. Semisal selama bazar itu masyarakat membeli produk di stand itu, kemudian berkelanjutan masyarakat akan datang ke lokasi mereka berdagang sebelumnya. "Jadi kita harap itu berlanjut, jadi cikal bakalnya dari bazar ini," ucapnya.

Ia mengatakan Dinas Pariwisata Belitung selanjutnya akan menggelar Bazar Belitung Kreatif 2 pada awal Desember mendatang. "Bagi yang belum bisa mengikuti kesempatan bazar tahun ini mungkin agak sedikit kecewa, mari berpartisipasi pada bazar kedua yang akan kembali kami selenggarakan awal Desember nanti," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: