Bupati Resmikan Agrowisata Sawah Iding-Iding Bahagia, Launching Bank Sampah Digital Air Saga

Bupati Resmikan Agrowisata Sawah Iding-Iding Bahagia, Launching Bank Sampah Digital Air Saga

Bupati Belitung H Sahani Saleh didampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie menggunting pita menandai granda opening Agrowisata Sawah Iding-Iding Bahagia Desa Air Saga, Selasa (15/11)--

"Ketercapaian yang kami banggakan dari kegiatan ini adalah semangat kelompok tani untuk menanam kembali sawah mereka sehingga isu lingkungan berupa alih fungsi lahan sawah dan isu ekonomi bisa pelan-pelan teratasi," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Program Masyarakat Desa - Program Studi Akademi Managemen, Nanda Lestari mengatakan Bank sampah digital desa Air Saga adalah sistem informsi pengelolaan sampah di Desa Air Saga yang berbasis website. 

BACA JUGA:Bazar Belitung Kreatif 1 2022 Catatkan Transaksi Rp 800 Juta, Pengujung Capai 15 Ribu

BACA JUGA:Faktor Ekonomi, Pasutri Nekat Mencuri di 7 Lokasi Pulau Belitung

Bank sampah merupakan konsep untuk memilah dan menabung sampah yang bernilai ekonomi, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat secara langsung.

"Jam operasional senin, selasa dan kamis mulai pukul 09:00-11:00 wib di kantor desa Air Saga," tandas Nanda Lestari.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Belitung H Sahani Saleh mengatakan, launching agrowisata ini dalam rangka ketahanan pangan dan dijadikan objek wisata. Sebab, tempat wisata di Belitung memang berlatar belakang alam dan itu sudah diakui oleh Unesco Global Geopark (UGG).

"Jadi pelestarian alam dan sisi lain alam itu memberikan kontribusi dalam ketahanan pangan dan menjadikan objek wisata," ujar Bupati Belitung yang akrab disapa Sanem itu.

Menurut Bupati, grand opening agrowisata itu memberikan dukungan kepada anak-anak muda serta pengelolah agrowisata, dan berharap generasi muda di desa lain juga bisa termotivasi. "Jadi ini buktinya, masyarakat kita kan banyak yang ingin melihat buktinya dulu," terangnya.

BACA JUGA:Bitet Tiga Bulan Jadi Kurir Sabu di Belitung, Ditangkap Polisi di Jalan Kamboja

BACA JUGA:Bitet Tiga Bulan Jadi Kurir Sabu di Belitung, Ditangkap Polisi di Jalan Kamboja

Oleh karena itu, Agrowisata Sawah iding-iding Bahagia merupakan salah percontohan, bahwa generasi muda bisa menghadirkan wisata di Belitung.

"Apresiasi kepada Polteknik Belitung, ini merupakan bukti kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan dan mengembangkan sektor Agro Wisata," tutupnya.

Kepala Desa Air Saga Ismanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan mendukung terlaksanaya program tersebut. Kata dia, agrowisata itu merupakan rahmat yang harus disukuri, dijaga serta dipelihara sebaik-baiknya.

"Agrowisata ini adalah Agrowisata ke dua yang ada di Desa Air Saga. Semoga kedepannya akan ada pengembangan agrowisata baru lagi di Desa Air Saga, ini tentu tidak bisa dikerjakan sendiri, namun ini butuh kerjasama yang baik melibatkan sekuruh unsur," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: