Bawaslu Beltim Kedepankan Soliditas Pemilu Tahun 2024, Dengan Nilai-Nilai Kebangsaan

Bawaslu Beltim Kedepankan Soliditas Pemilu Tahun 2024, Dengan Nilai-Nilai Kebangsaan

Ketua Bawaslu Beltim, Dandim 0414/Belitung, dan Ketua Bawaslu Provinsi Babel foto bersama jajaran Panwaslu Kecamatan dan Sekretariat se-Kabupaten Beltim-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Bawaslu Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melaksanakan kegiatan yang bertajuk 'Membangun Soliditas dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dalam Pemilu Serentak Tahun 2024'.

Kegiatan Membangun Soliditas dan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Panwaslu Kecamatan dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten Beltim tersebut digelar selama dua hari di Guest Hotel Manggar, Selasa dan Rabu (14-15/11/2022).

Rangkaian kegiatan diisi dengan penyampaian materi mengenai Kode Etik Penyelenggara Pemilu oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Beltim Wahyu Epan Yudhistira.  Ia juga memaparkan tentang tata naskah dinas yang berkenaan dengan anggaran dan sarana prasarana Kantor Sekretariat. 

Selain penyampaian materi, kegiatan yang diikuti Panwaslu Kecamatan berserta unsur Sekretariat se-Kabupaten Beltim ini, juga diselingi sesi Outbond. Sesi Outbond ini untuk membangun interaksi sesama pengawas pemilu lintas Kecamatan.

BACA JUGA:Pastikan Kesiapan Panwascam, Bawaslu Beltim Gelar Fasilitasi Penanganan Pelanggaran Pemilu

Melalui sarana rapat Fasilitasi Pengelolaan Administrasi dan Konsolidasi Sekretariat Panwaslu Kecamatan dalam Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu ini, Bawaslu Beltim. membekali jajarannya 

Pembekalan untum kesiapan Sekretariat Panwaslu Kecamatan dalam menjalankan tugas memberikan dukungan administratif dan teknis operasional kepada Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/desa, dan/atau Pengawas TPS. 

"Kami harap kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran kolektif pentingnya soliditas dan memelihara dedikasi. Terutama dalam menghadapi kompleksitas penyelenggaraan tahapan pemilu yang menjadi tantangan sendiri termasuk bagi Penyelenggara Pemilu tanpa terkecuali Bawaslu Beltim dan jalan," kata Epan.

BACA JUGA:GP Ansor Belitung Soroti Kasus 6 Polisi Terlibat Narkoba, Proses Hukum Dipertanyakan

Pada hari kedua kegiatan, Bawaslu Beltim menghadirkan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Dandim 0414/Belitung sebagai Narasumber. Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Babel Roy M Siagian berpesan pentingnya sekretariat membangun kesiapaan dalam melaksanakan tugas.

Dukungan Rekan-rekan Sekretariat nantinya tidak hanya terlibat dalam hal pokok seperti administrasi tetapi juga sangat dimungkinkan terlibat dalam aktivitas pengawasan di lapangan," Roy M Siagian.

Kemudian, berkenaan dengan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Letkol Inf Hairil Achmad dari Dandim 0414/ Belitung menilai perlunya masyarakat dan abdi negara menggali makna rasa, paham dan semangat kebangsaan.

Perlunya memantapkan Wawasan Kebangsaan yang pada dasarnya merupakan Konsep Politik Bangsa Indoenesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah dan Nasionalisme.

"Yang berarti mengutamakan kepentingan Nasional daripada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah untuk mewujudkan kerukunan guna menjaga Keutuhan NKRI," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: