Kemensos Serahkan Bantuan ATENSI Bagi 179 Warga Kabupaten Beltim

Kemensos Serahkan Bantuan ATENSI Bagi 179 Warga Kabupaten Beltim

Kepala Sentra Abiyoso Cimahi Agung Hendrawan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sayono di Halaman Rumah Fitri Dusun Gajah Mada Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar, Senin (21/11)-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR  – Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Abiyoso Cimahi menyerahkan bantuan senilai Rp 348.225.500,00 kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim).

Bantuan ini merupakan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi 179 warga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Beltim.

Secara simbolis, bantuan ini diserahkan oleh Kepala Sentra Abiyoso Cimahi Agung Hendrawan di Halaman Rumah Fitri Dusun Gajah Mada, Desa Mekar Jaya, Kecamatan Manggar, Senin (21/11) kemarin.

“Wilayah kerja kami meliputi Kabupaten Belitung Timur dan Belitung. Kalau di Kabupaten Belitung kita berikan kepada 197 PPKS,” kata Agung Hendrawan usai menyerahkan bantuan kepada Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sayono.

BACA JUGA:Marwansyah: Rekrutmen Penyelenggara Pemilu 2024 Tantangan Komisioner KPU dan Bawaslu

Nominal bantuan ATENSI serta jenis bantuannya, terang Agung, berbeda-beda untuk setiap PPKS. Tergantung kebutuhan dan hasil asesmen. “Beda-beda, kita kan asesmennya disesuaikan dengan kebutuhan. Kita lihat di lapangannya seperti apa kebutuhannya,” jelas Agung.    

ATENSI adalah layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas, dan/atau residensial melalui kegiatan dukungan pemenuhan hidup yang layak, perawatan sosial dan/atau pengasuhan anak, dukungan keluarga, terapi fisik, terapi psikososial, terapi mental spiritual, pelatihan vokasional, pembinaan kewirausahaan, bantuan dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas. 

Adapun ATENSI menitik beratkan pada perubahan paradigma dari pelayanan sosial sektoral/ fragmentaris menjadi pelayanan sosial terpadu dan berkelanjutan (one stop services/ single window services); menjangkau warga seluruh yang mengalami masalah sosial (pendekatan universal) & strategi inklusif; merespon masalah secara komprehensif, terstandarisasi dan profesional, sehingga siapapun PPKS yang mengalami permasalahan sosial akan mendapatkan layanan. 

BACA JUGA:Indra dan Daffa Raih Penghargaan di Moment HUT ke-22 Provinsi Babel

Program bantuan ATENSI ini sudah dimulai sejak 2021 lalu. Diharapkan tahun depan program ini akan terus berjalan. “Insyallah mudah-mudahan terus sehingga makin banyak PPKS yang dapat terbantu,” harap Agung.

Fitri Senang Dapat WC dan Dapur Baru

Fitri (39) Dusun Gajah Mada Desa Mekar Jaya Kecamatan Manggar, mengaku senang mendapat bantuan WC dan dapur Baru  Kementerian Sosial RI melalui Sentra Abiyoso Cimahi. Rumah Fitri yang dulu kurang layak menjadi lebih layak untuk ditinggali.

Dia menerima bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa renovasi untuk tidak layak huni menjadi rumah sehat. Bukan hanya renovasi, warga Desa Mekar Jaya ini juga diberikan perabotan dengan total bantuan lebih dari Rp 25.000.000.

Dikutip dari rilis Diskominfo Beltim, Fitri mengaku sangat bersyukur atas perhatian Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Pembedayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Beltim yang sudah peduli dengan kelayakan tempat tinggalnya. Mengingat kemampuan keuangannya tak akan mampu membangun dapur dan kamar mandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim