Laut Babel Bakal Diserbu Ribuan Ponton Isap Produksi, Apakah Termasuk Perairan Beltim?

Laut Babel Bakal Diserbu Ribuan Ponton Isap Produksi, Apakah Termasuk Perairan Beltim?

Perairan Oliepeer Manggar, Kabupaten Beltim yang termasuk IUP Laut PT Timah Tbk-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Perairan laut wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), bakal 'diserbu' aktivitasi tambang dengan sistem ponton isap produksi (PIP) mitra PT Tbk.

Kabarnya, sebanyak 1.500 unit ponton isap produksi mitra PT Timah akan beraktivitas yang tersebar di seluruh Izin Usaha Penambangan (IUP) laut milik perusahaan BUMN di Provinsi Babel.

Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin tak menampik kabar rencana penambangan dengan ponton isap produksi tersebut. Ada sebanyak 1.500 unit bagi mitra PT Timah yang bakal beroperasi.

Berdasarkan Amdal dan FS (Feasibility Study) yang dimiliki PT Timah hanya untuk menampung 360 ponton. Namun, pengajuan penambahan ini sudah lama berproses dan PT Timah mengajukan menjadi 1.500 kepada KLHK.

"Ini supaya nanti amdal dievaluasi sesuai jumlah 1.500 itu," ujar Ridwan Djamaluddin dilansir dari Babelpos.id.

BACA JUGA:Dihajar Gelombang, Dua Kapal Nelayan Belitung Tenggelam, 2 Selamat, 1 Meninggal Dunia

BACA JUGA:Investor Tiongkok akan Bangun Pabrik Hilirisasi Kuarsa di Belitung, Siap Kucurkan 7 Miliar Dolar AS

Ridwan Djamaluddin menyakini, dengan adanya penambahan kuota yang kini berproses Amdal di Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK), akan memberikan banyak peluang masyarakat untuk menambang secara legal.

"Dan 1.500 ini untuk seluruh wilayah IUP PT Timah. Dengan ini akan banyak mitra yang bekerjasama dengan PT Timah sehingga masyarakat yang bekerja di luar IUP akan bekerja legal di dalam IUP dengan tata kelola yang benar," terangnya.

Akankah PIP Beroperasi di Laut Beltim?

Sementara itu, rencana penambangan dengan 1.500 ponton isap produksi (PIP) di seluruh IUP PT di Provinsi Babel mendapat tanggapan dari Marwansyah, salah seorang warga Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Beltim.

Marwansyah mempertanyakan akankah IUP Laut PT Timah di perairan Oliepeer Kecamatan Manggar Kabupaten Beltim, bakal ikut dipersiapkan bagian dari 1.500 PIP tersebut.

BACA JUGA:Ombudsman RI Kunker ke Kabupaten Belitung, Perkuat Komunikasi dan Sinergi

BACA JUGA:Kabupaten Beltim Dapat Dua Kategori Penghargaan STBM Award 2022 Kemenkes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: