2023, Kelompok Informasi Masyarakat di Setiap Desa akan Dibentuk Diskominfo Belitung

2023, Kelompok Informasi Masyarakat di Setiap Desa akan Dibentuk Diskominfo Belitung

Kepala Diskominfo Belitung Mohammad Iqbal mengatakan, KIM merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menyampaikan informasi --

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Setelah tujuh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten terbentuk, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Belitung akan membentuk KIM di setiap Desa.

Kepala Diskominfo Belitung Mohammad Iqbal mengatakan, KIM merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam menyampaikan informasi di Kabupaten Belitung. Melalui KIM informasi-informasi di Kabupaten Belitung bisa ditindaklanjuti dan disampaikan kepada masyarakat.

"Jadi mereka membantu menyebarluaskan informasi dan diseminasi infomasikan kepada masyarakat," Kata Mohammad Iqbal kepada Belitong Ekspres, ketika usai acara yang bertajuk "Silaturrahmi dan Melampun Bersama Mitra Diskominfo Belitung", Senin (5/12).

Menurut Mohammad Iqbal, saat ini baru ada 7 desa atau kelurahan yang membentuk KIM. Yakni KIM Pelita Damai, KIM Berita Parit, KIM Sepakat Kembiri, KIM Tanjong Lancor, KIM Mendanao, KIM Gurok Beraye, KIM Liu-Liu.

BACA JUGA:154 CPNS Beltim Lulus Diklat Pelatihan Dasar 2022, Ada 5 Orang Peserta Terbaik

BACA JUGA:Digugat, Pengangkatan PJ Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin Dinilai Tidak Sah

Maka dari itu, tahun 2023 mendatang, mereka akan berupaya untuk membentuk KIM setiap desa atau kelurahan. Itu sebagai media dari Diskominfo untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

"Untuk tahun depan, kami berusaha untuk bisa menyiapkan KIM minimal 50 persen di tiap-tiap desa, mengingat KIM ini merupakan salah satu ujung tombak kami dalam menyebarluaskan informasi," jelas Iqbal sapaan karib Mohammad Iqbal.

Iqbal melanjutkan, KIM itu sangat penting bagi Diskominfo khususnya penyebarluasan informasi. Setiap satu KIM itu minimal beranggotakan tiga orang yakni ketua, sekretaris dan bendahara, namun biasanya bisa lebih dari itu.

Sebab, salah satu contoh saat masa pandemi Covid-19, KIM membantu Diskominfo menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat. "Alhamdulillah mereka bisa bantu untuk diseminasi terkait wabah Covid-19 kemarin," bebernya.

BACA JUGA:Diskominfo Belitung Kelola 47 Aplikasi, Besti Segera Dilaunching

BACA JUGA:Fachbian DPO Polres Belitung, Briptu GA dan Briptu MA Diperiksa Propam

Oleh karena itu, pada tahun depan, Diskominfo akan menyiapkan regulasi, bahwa setiap satu desa atau kelurahan itu ada satu KIM. Sesuai arahan, Bupati Belitung Sahani Saleh, KIM itu juga diberikan sarana perangkat dan lain-lainnya. 

"Insyallah mudah-mudahan ada dana, kawan-kawan KIM itu mungkin diadakan lomba, karena di pusat itu ada pameran SAIK dan anggota KIM itu tampil," ujar Iqbal 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: