BNNK Belitung akan Terus Hadirkan Desa Bersinar di Tahun 2023

BNNK Belitung akan Terus Hadirkan Desa Bersinar di Tahun 2023

Kepala BNNK Belitung Nasrudin--

BELITONGEKSPES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Belitung akan terus menghadirkan Desa bersih narkoba (Bersinar) pada tahun 2023 ini.

Pada tahun 2022, sudah ada 3 Desa Bersinar yang dilaunching di Pulau Belitung. Yakni Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Desa Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan dan Desa Lalang Kecamatan Manggar.

Kepala BNNK Belitung Nasrudin mengatakan, berdasarkan arahan Pemerintah Pusat, Desa Bersinar tahun 2023 ada 2 Desa. Namun biasanya akan ada penambahan satu desa, seperti tahun 2022 lalu

"Biasanya akan muncul kebijakan tambah 1 Desa Bersinar, seperti tahun lalu juga tertulis 2 tapi kita harus 3," kata Kepala BNNK Belitung Nasrudin kepada Belitong Ekspres, Selasa (3/1) kemarin.

BACA JUGA:Bupati Beltim Akhirnya Lantik 5 Pejabat JPT Pratama Hasil Lelang, Ini Namanya

BACA JUGA:Kabar Baik, Jalan Aik Mungkui - Buluh Tumbang Rusak Parah Segera Diperbaiki DPUPR Belitung

Menurut Nasrudin, mereka akan melakukan koordinasi terlebih dahulu, karena desa bersinar bukan hanya seremoni saja, namun harus ada kegiatan yang berkaitan P4GN.

"Jadi Desa itu melalukan sosialisasi, relawan ada di tempat dan juga tes urin," jelas Nasrudin.

Maka kata daia, mereka masih menunggu arahan BNN Provinsi Babel terkait target Desa Bersinar Tahun 2023. Jika BNN Provinsi meminta 3 Desa, tentunya akan ada 2 Desa di Belitung dan  1 di Beltim.

Menurut Nasrudin Desa bersinar ini ujung tombak, komitmen Kades dengan aparat, BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Agama, Pemuda, PKK dan lain-lainnya.

BACA JUGA:Pelanggaran Lalu Lintas Belitung 2022 Naik, Setoran Denda Tilang Capai Rp 603 Juta

BACA JUGA:Harga BBM Kembali Turun, Berikut Ini Harga Terbaru Pertamax dan Pertalite 2023

"Nah kalau mereka bersatu, maka desa bersinar artinya menyelesaikan masalah narkoba terobosan, kegiatan disesuikan dengan kearifan lokal di desa itu," bebernya.

Adanya Desa Bersinar bukan berarti desa itu tidak ada masalah narkoba. Akan tetapi mereka berkomitmen serta bersiaga menyelesaikan masalah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: